Jokowi: Ada Keterkaitan Pembangunan Infrastruktur dengan Budaya

| 23 Jun 2018 12:42
Jokowi: Ada Keterkaitan Pembangunan Infrastruktur dengan Budaya
Presiden Jokowi sebelum memberikan kuliah umum di ISI, Denpasar, Sabtu (23/6). (Foto: setkab.go.id).
Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, pembangunan infrastruktur fisik merupakan bagian penting dari pembangunan infrastruktur budaya. Hal dikatakan Jokowi saat memberikan kuliah umum di hadapan civitas akademika Institut Seni Indonesia (ISI), Denpasar, Sabtu (23/6/2018) pagi.

"Tolong jangan dimaknai sebagai pembangunan infrastruktur fisik semata, ini banyak yang keliru, jangan pula dimaknai untuk pembangunan ekonomi semata," kata Presiden Jokowi di Gedung Cita Kelangen, Kampus ISI, Denpasar, Bali, seperti dikutip laman setkab.go.id.

Pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan, bandara, dan tol laut yang terus digenjot pemerintah selama tiga tahun terakhir ini, tutur Presiden Jokowi, akan membangun dan membentuk peradaban bagi bangsa Indonesia ke depan.

"Infrastruktur yang akan semakin mempersatukan 714 suku yang ada di Bumi Nusantara ini, yang akan semakin memajukan kebudayaan dan kesenian di masyarakat, yang akan semakin meningkatkan rasa keadilan bagi seluruh rakyat," terang Jokowi.

Baca Juga : Mengindonesiakan Istilah Konstruksi Infrastruktur

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur fisik merupakan tahapan besar pertama dalam pembangunan yang segera akan disambung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Tahapan besar (pembangunan) yang kedua, untuk membangun SDM yang unggul, untuk membangun SDM yang kompetitif, untuk menguasai, mengendalikan, dan memanfaatkan ilmu pengetahuan serta teknologi yang berkembang begitu sangat cepatnya," kata Presiden.

Rekomendasi