Tentara China Sudah Mulai Beraksi dan Berani Melawan Tentara Kita, Cek Faktanya..

| 11 Jul 2022 08:25
Tentara China Sudah Mulai Beraksi dan Berani Melawan Tentara Kita, Cek Faktanya..
Tangkapan layar (Turnbackhoax.id)

ERA.id - Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Tempo, adanya video yang diklaim sebagai tentara Cina sudah berani melawan tentara Indonesia merupakan klaim yang menyesatkan.

Dikutip dari Turnbackhoax. id pada Senin (11/7/2022), faktanya, bukan tentara Cina. Video itu merekam aparat keamanan yang dihadang warga lokal saat menindak pelaku penambangan ilegal di Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Turnbackhoax.id

Video yang sama diunggah oleh akun YouTube Tribun Timur berjudul “Warga Bela Pelaku Tambang Ilegal, Nyaris Bentrok dengan Polisi dan TNI” tertanggal 30 Juni 2022.

Video itu merekam aparat keamanan gabungan TNI Polri yang dihadang warga saat menindak pelaku illegal mining (penambangan ilegal) di Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Dalam upayanya, petugas mengamankan empat terduga pelaku penambangan ilegal dan satu unit alat berat jenis eksavator merek Hitachi. Namun, saat hendak dibawa ke Polda untuk dilakukan pemeriksaan, petugas mendapatkan informasi akan ada penghadangan dari warga.

Kabidhumas Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan, kejadian tersebut bermula saat polisi hendak menindak penambangan emas ilegal di Pegunungan Bangkeh Km 21, Kecamatan Geumpang, Pidie.

’’Di lokasi yang sama juga terlihat personel TNI dari Koramil Geumpang yang melakukan cooling down kepada warga,’’ jelas Winardy. Mobil petugas sempat dicegat dan digeledah untuk memastikan pelaku ilegal mining tidak dibawa.

Tags : cek fakta
Rekomendasi