Cara Anies Sembelih Hewan Kurban Dikritik Husin Alwi: Kayak Gergaji Kayu Begitu, Hewan Kesakitan..

| 11 Jul 2022 15:20
Cara Anies Sembelih Hewan Kurban Dikritik Husin Alwi: Kayak Gergaji Kayu Begitu, Hewan Kesakitan..
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyembelih hewan kurban (Foto : MPI/PPID Jakarta)

ERA.id - Ketua Cyber Indonesia, Husin Alwi Shihab mengkritik cara Gubernur DKI Jakkarta Anies Baswedan saat menyembelih hewan kurban sendiri.

Untuk diketahui, setelah melakukan Sholat Idul Adha berjemaah di Jakarta International Stadium (JIS), Anies melanjutkan meninjau Rumah Potong Hewan (RPH) Dharma Jaya, Cakung.

Kemudian, Anies melakukan penyembelihan seekor sapi di Musala Babul Khoirot di dekat kediamannya, di Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan pada Minggu (10/7/2022) Siang.

Namun, cara Anies menyembelih hewan kurban dikritik oleh Husin Alwi. Menurut pegiat media sosial itu, Anies hanya sekadar pansos tanpa memiliki keahlian dalam memotong hewan kurban.

"Terlihat @aniesbaswedan hny ingin pansos saja. Sembelih hewan qurban bkn hny sbg tradisi tapi jg hrs berpengalaman," kata Husin Alwi di akun Twitter pribadinya @HusinShihab, Senin (11/7/2022).

Ia menjelaskan bahwa menyembelih hewan kurban harus sekali sayatan, bukan berkali-kali. Hal itu karena bisa menyiksa hewan kurban.

"Sembelih hewan qurban hrs sekali sayat 2 saluran makan dan nafas lgs putus bkn kyk ngergaji kayu begitu. Hewan kesakitan," kata Husin.

"Anda disini terlihat bkn ahlinya," tambah dia.

Sebelumnya, Anies mengaku teringat ajaran sang ayah tentang cara memotong hewan kurban, sehingga hal itu menjadi pengalaman yang terus diingat dan konsisten dilakukan hingga saat ini.

"Kalau beliau biasanya kambing, bukan sapi. Sesuatu yang menjadi pengalaman unik bagi kita semua pada masa itu. Dan sekarang kita sudah dewasa, kita yang melaksanakan. Jadi pemotongan sapi saya lakukan sendiri. Alhamdulillah lancar, insyaallah hari ini bisa tuntas semua dibagikan kepada yang berhak," ujarnya.

Pengalaman itu pun kini ia turunkan kepada anak-anaknya. Saat penyembelihan, Anies mengajak anak-anaknya untuk menyaksikan. Salah satunya untuk mengajarkan kepada anak-anaknya tentang esensi ibadah kurban.

Rekomendasi