Pengganti Tjahjo Kumolo Belum Ada, Mahfud MD Jadi Plt Menpan-RB

| 15 Jul 2022 17:29
Pengganti Tjahjo Kumolo Belum Ada, Mahfud MD Jadi Plt Menpan-RB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (ANTARA)

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD ditunjuk sebagai Plt Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Hal ini lantaran belum ada pengganti tetap usai Tjahjo Kumolo wafat.

"Posisi MenPAN-RB dijabat oleh Plt. Bapak Mahfud ditunjuk untuk mengisi jabatan tersebut. Sembari, masih menunggu prosesnya untuk pengganti," ujar Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini kepada wartawan, Jumat (14/7/2022).

Meskipun belum ada pengganti tetap, Faldo memastikan fungsi pemerintahan tetap berjalan dengan baik. Dia meyakini, Mahfud mampu melaksanakan tugas sementara sebagai MenPAN-RB dengan optimal.

"Fungsi pemerintahan masih berjalan dengan baik. Kami kira kehadiran Plt Pak Menko Mahfud dapat memastikan berjalannya administrasi dengan lebih optimal," kata Faldo.

Menurutnya, penunjukan Plt seperti ini merupakan hal yang wajar. Lagipula pemerintah tak mau terlalu reaktif merespons kekosongan kursi menteri.

Bagi pemerintah, kata Faldo, menjaga kinerja Kemenpan RB adalah prioritas.

"Kita tentu semua berharap, penunjukan ini akan menjaga performa dan capaian dari kementerian dalam beberapa waktu ke depan," ucapnya.

Setelah wafatnya Tjhajo Kumolo, dua menteri Kabinet Indonesia Maju, yaitu Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian semapat ditunjuk sebagai Menpan RB Ad Interim.

Rekomendasi