Airlangga Ogah Bahas Menpan RB Pengganti Tjahjo: Masih Berduka, Kurang Elok

| 04 Jul 2022 12:47
Airlangga Ogah Bahas Menpan RB Pengganti Tjahjo: Masih Berduka, Kurang Elok
Para petinggi Golkar saat melayat di rumah duka almarhum Tjahjo Kumolo

ERA.id - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meminta publik untuk tidak menggembar-gemborkan isu soal siapa pengisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sepeninggal Tjahjo Kumolo, apalagi sampai dikaitkan dengan kerja politik di partai koalisi.

Kata Airlangga, hingga kini belum ada pembicaraan mengenai kekosongan kursi itu. Ia bilang, pembicaraan tersebut kurang elok dilakukan dalam suasana duka.

"Tidak ada pembicaraan, dan kita masih dalam suasana duka. Jadi agak kurang elok membicarakan hal tersebut," ujar Airlangga kepada wartawan di Jakarta, Senin (4/7/2022).

Airlangga yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu menegaskan bahwa penggantian kursi menteri kabinet merupakan kewenangan dan hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

Adapun partai tempat Tjahjo bernaung semasa hidup, yakni PDI Perjuangan menyampaikan hal serupa bahwa saat ini partai masih dalam kondisi berduka.

Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat menekankan bahwa partainya menyerahkan segala keputusan kepada Presiden Jokowi selaku pemegang hak prerogatif dan tidak pernah berpikir bahwa Menpan RB pengganti Tjahjo Kumolo harus dari PDI Perjuangan.

Rekomendasi