'Pak Anies Bukan Kaleng-Kaleng', Beredar Video Surya Paloh yang Diklaim Dukung Anies Jadi Presiden, Cek Faktanya..

| 19 Jul 2022 15:15
'Pak Anies Bukan Kaleng-Kaleng', Beredar Video Surya Paloh yang Diklaim Dukung Anies Jadi Presiden, Cek Faktanya..
Anies Baswedan dan Surya Paloh. (Foto: Antara)

ERA.id - Beredar sebuah video di media sosial yang menampilkan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Dalam pidatonya itu, Paloh diklaim mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

Cuplikan pidato Surya Paloh itu dibagikan oleh akun bernama Dede Samsudin di grup Facebook Indonesia Bersuara 2021. Video tersebut kemudian dikaitkan dengan dukungan kepada Anies Baswedan untuk Pemilu tahun 2024 mendatang.

Dari cuplikan video ini tampak Surya Paloh menyebutkan mengenai pemimpin yang diinginkan masyarakat untuk Indonesia yang lebih baik. Selain itu ada pula beberapa lambang partai-partai di Indonesia yang diklaim sebagai basis massa pendukung Anies Baswedan sebagai capres di tahun 2024.

[NARASI]:

“pa Anis emang bukan kaleng2 👍👍👍

Moga ucapan nya, membawa harapan ke arah yang lebihh baik!!”

Namun setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, ternyata video cuplikan pidato dari Ketua Umum Partai Nasdem ini dikaitkan dengan situasi yang salah. Video tersebut tidak ada kaitannya dengan dukungan kepada Anies Baswedan untuk Pemilu tahun 2024.

Sebuah video yang identik dapat dilihat pada akun Youtube bernama Ronald Tasliman. Akun ini mengunggah video serupa pada 1 Oktober 2014 lalu. Di akhir video, akun ini juga memberikan keterangan bahwa cuplikan pidato ini diambil dari pidato yang disampaikan oleh Surya Paloh pada acara Pembekalan Caleg Partai Nasdem di Jawa Timur.

Sampai sekarang belum ada informasi resmi mengenai dukungan Partai Nasdem kepada Anies Baswedan dalam pemilihan presiden di Pemilu 2024.

Jadi dapat disimpulkan, video cuplikan pidato dari Surya Paloh yang dikaitkan dengan dukungan kepada Anies Baswedan untul Pemilu 2024 merupakan hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Rekomendasi