Kabulkan Janji Politik, Anies Resmikan 12 Rusunawa di Jakut: Kerja Sunyi, Tak Terlihat

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan 12 rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di Jakarta Utara (Jakut).

Kata Anies, pembangunan rusunawa ini merupakan hasil kerja dalam sunyi. "Nah, di belakang ini tertulis ada 33 tower yang dibangun dalam periode 2018-2022, ini bisa dikatakan sebuah rekor kerja yang luar biasa. Kita boleh tepuk tangan untuk semua yang bekerja di sini. Mereka bekerja dalam sunyi, tidak terlihat. Setelah jadi, semuanya baru kelihatan ada 33 tower dikerjakan dalam waktu pertahun dan jangkauannya tertulis segini, 7.421 unit," kata Anies di Rusunawa Penjaringan, Jakut, Kamis (18/8/2022).

Anies menambahkan 12 rusunawa ini siap digunakan warga. Ke-12 rusunawa yang diresmikan ini, sambungnya, terintegrasi dengan JAKHABITAT.

Mantan Mendikbud ini menerangkan, rusunawa yang dibangunnya ini adalah bentuk janji politiknya.

"Bapak ibu sekalian, ini semua kami kerjakan kenapa? Karena kami memiliki janji, janji politik. Janji politik itu adalah mengembangkan, memfasilitasi, menyiapkan fasilitas rumah, rumah rusun, termasuk rumah susun sewa kepada seluruh warga dan memiliki akses yang setara," ungkapnya.

Lebih lanjut, Anies ingin agar warga yang tinggal di rusunawa bisa hidup berdampingan dengan tetangganya, atau memiliki rasa persaudaraan. Anies tidak mau warga yang tinggal saling bermusuhan.

Dia pun ingin agar pembangunan rusunawa ini tidak berhenti di era kepemimpinannya. Terkait rusunawa yang telah terbangun ini, sambungnya, dilengkapi sejumlah fasilitas.

Fasilitas itu berupa Halte TransJakarta, Ruang UMKM, perbankan, perpustakaan, lapangan olahraga, masjid, jogging track, hingga sekolah PAUD. Sebuah lift juga disediakan untuk penghuni rusunawa.

Selain meresmikan rusunawa di Jakut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga meresmikan rusunawa lainnya. Berikut daftar lokasinya:

1. Revitalisasi Rusunawa Penjaringan Jakarta Utara

2. Revitalisasi Rusunawa Karanganyar Jakarta Pusat

3. Revitalisasi Rusunawa Cipinang Besar Utara Jakarta Timur

4 Rusunawa Pulogadung Jakarta Timur

5. Rusunawa Ujung Menteng Jakarta Timur

6. Rusunawa Cakung Barat Jakarta Timur

7. Rusunawa Pulo Jahe Jakarta Timur

8. Rusunawa Padat Karya

9. Rusunawa Kelapa Gading Timur Jakarta Utara

10. Rusunawa Pantai Indah Kapuk

11. Rusunawa Pulo Gebang Jakarta Timur

12. Rusunawa Daan Mogot Jakarta Barat.