Rusia dan Myanmar Tidak Diundang, Ini Daftar Tamu Undangan di Pemakaman Ratu Elizabeth II

ERA.id - Pada hari Senin, 19 September 2022, atau 10 hari setelah kematiannya, jenazah Ratu Elizabeth II akan dimakamkan. Jenazah pemimpin Kerajaan Inggris yang memimpin selama 70 tahun tersebut disemayamkan di Gereja Westminster Abbey, London sebelum dimakamkan.

Foto via Twitter @BritishArmy

Dikutip dari laporan BBC, prosesi pemakaman yang panjang akan diawali dengan kebaktian di Westminster Abbey, iring-iringan dan prosesi militer di London, dan selanjutnya upacara keluarga di sebuah kapel di Kastil Windsor.

Pemakaman Ratu Elizabeth menjadi salah satu pertemuan bangsawan dan politisi terbesar yang digelar di Inggris selama beberapa dekade.

Selama akhir pekan, undangan telah disebar, dengan sebanyak 500 kepala negara dan pejabat asing diharapkan hadir.

Siapa saja tamu yang diundang ke pemakaman Ratu Elizabeth II? Berikut diantaranya:

Presiden Amerika Serikat

Gedung Putih juga sudah memberi konfirmasi bahwa Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan datang bersama Ibu Negara Jill Biden.

Beberapa spekulasi menyebutkan, bahwa beberapa mantan presiden dan ibu negara, terutama Obama, kemungkinan juga menerima undangan pribadi.

Sejumlah anggota keluarga kerajaan di Eropa

Anggota keluarga kerajaan dari seluruh Eropa dijadwalkan akan hadir. Banyak dari mereka mempunyai hubungan kekerabatan dengan Sang Ratu.

Raja Belgia Philippe dan Ratu Mathilde sudah mengonfirmasi kehadiran mereka. Selain itu, Raja Willem-Alexander dan istrinya, Ratu Maxima, bersama ibunya, mantan ratu Belanda Putri Beatrix, juga dijadwalkan akan datang.

Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol juga sudah mendapatkan undangan, begitu pula keluarga kerajaan Norwegia, Swedia, dan Denmark.

Pemimpin negara-negara persemakmuran

Para pemimpin dari seluruh Persemakmuran, yang sebelumnya dipimpin Ratu Elizabeth II untuk keseluruhan pemerintahannya, juga menerima undangan.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese sudah mendapatkan undangan, demikian pula Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Para pemimpin dunia lain

Para pemimpin dunia lainnya juga dikabarkan telah mendapatkan undangan, termasuk Presiden Italia Sergio Mattarella, Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, serta Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol dan Presiden Brasil Jair Bolsonaro juga sudah mengonfirmasi kehadiran mereka.

Selain itu, pemimpin dunia lain yang juga dijadwalkan hadir antara lain Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan, Kaisar Jepang Naruhito, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Lantas, siapa saja yang tidak menerima undangan?

Wartawan BBC James Landle mengatakan, tidak ada perwakilan dari Rusia, Belarusia, dan Myanmar.

Hal ini disebabkan hubungan diplomatik antara Inggris dan Rusia yang sudah memburuk sejak serangan Rusia ke Ukraina. Juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin menyebutkan pekan lalu dia "tidak mempertimbangkan" untuk hadir dalam acara pemakaman.

Sementara itu, Presiden Belarusia Aleksandr Lukashenko diketahui sebagai sekutu dekat Vladimir Putin.

Sedangkan dengan negara Myanmar, Inggris sudah mengurangi kehadiran diplomatiknya di negara tersebut sejak kudeta militer yang terjadi pada Februari 2021.

Demikianlah penjelasan mengenai tamu undangan yang diundang dan hadir pada acara pemakaman Ratu Elizabeth II. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca artikel-artikel dan informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terbaru dari ERA, Media Terpercaya dan Pilihan Anda.