Sering Dianggap Sama, Apa Perbedaan Paid Promote dan Endorse?

ERA.id - Seringkali dianggap sama, padahal terdapat beberapa perbedaan paid promote dan endorse. Apa saja persamaan dan perbedaannya? Yuk kita bahas secara lebih mendalam.

Istilah endorse akhir-akhir ini menjadi sangat populer, terutama untuk promosi produk di media sosial. Seperti yang kita ketahui, promosi produk sangat penting agar produk mudah dikenal dan diminati oleh konsumen.

Influencer akan melakukan review pada produk endorse (Unsplash)

Banyak pelaku bisnis seperti UMKM, individu, bahkan brand yang memiliki reputasi tinggi memilih endorsement sebagai salah satu cara guna meningkatkan penjualannya.

Menurut The Economic Times, arti kata endorsement atau endorsement adalah suatu bentuk promosi atau iklan dengan menggunakan tokoh atau selebriti terkenal yang memiliki kepercayaan, rasa hormat, pengakuan, dan sebagainya dari banyak orang.

Mengetahui Perbedaan Paid Promote dan Endorse

Di era digital ini kebutuhan akan media sosial sangat tinggi, arti dari seorang figur terkenal atau public figure tidak hanya sebatas selebriti ternama saja. Contohnya seperti pemain film, aktor, penyanyi, dan lain-lain.

Namun, mereka yang memiliki followers banyak juga bisa dikategorikan sebagai public figure dan biasa disebut Influencer. Produk yang dipromosikan biasanya digunakan oleh influencer untuk difoto dan diposting di akun mereka.

  1. Paid Endorsement

Paid Endorsement merupakan salah satu jenis endorsement yang banyak digunakan dalam promosi produk atau jasa. Dalam endorsement berbayar ini terdapat fee dan kontrak eksklusif dari kedua belah pihak.

Selain itu, kontrak dengan jelas menyatakan batasan dan cara mempromosikan produk. Pembayaran yang dilakukan dapat berupa uang, produk, atau kombinasi keduanya.

  1. Unpaid Endorsement

Unpaid endorsement atau nama lain yang disebut dengan covert endorsement adalah suatu bentuk promosi dimana influencer atau selebriti menggunakan suatu produk karena menyukainya.

Paid Promote VS Endorse

Endorse dan paid promote dapat meningkatkan penjualan produk (Unsplash)

Paid promote adalah ketika Anda membayar sebuah akun dengan engagement yang tinggi, dengan materi konten yang berasal dari Anda. Influencer hanya tinggal mempostingnya di akun media sosial mereka.

Kemudian endorse atau endorsement mirip seperti paid promote, namun Anda hanya perlu memberikan influencer brief tentang apa-apa saja yang bisa ditonjolkan dari produk yang akan dipromosikan.

Nah, ada satu keunggulan endorsement adalah lebih soft selling karena influencer atau selebgram akan menjelaskan secara alami tentang pengalaman mereka terhadap produk Anda.

Manfaat Endorsement dan Paid Promote di Dunia Bisnis

Endorsement dan paid promote memiliki beberapa manfaat yang bisa Anda pertimbangkan. Diantaranya sebagai berikut:

1. Menyebarkan Informasi Produk

Endorse dan paid promote dapat menyebarluaskan sekaligus memperkenalkan informasi produk kepada konsumen atau masyarakat umum, agar produk mudah dikenal di masyarakat.

2. Membangun Kesadaran

Melalui endorsement, produk Anda bisa mendapatkan citra positif di mata publik. Tentunya hal ini membuat produk Anda mudah diingat yang kemudian menjadi pilihan untuk digunakan.

3. Menarik Konsumen

Salah satu manfaat utama dari adanya endorsement adalah produk yang dipromosikan dapat menarik pelanggan. Tentunya dengan bantuan promosi yang menjelaskan keunggulan dan keunggulan produk Anda.

4. Tingkatkan Penjualan

Melalui endorsement, followers yang ada akan diajak untuk menggunakan produk yang dipromosikan. Tindakan ini berpotensi meningkatkan penjualan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada untuk terus menggunakan produk Anda.

5. Menjaga Stabilitas Penjualan

Tujuan selanjutnya adalah menjaga stabilitas penjualan. Hal ini sangat penting guna menjaga kelangsungan produksi bahkan meningkatkan jumlah produk yang dihasilkan.

Selain perbedaan paid promote dan endorse, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman