Aplikasi Notifikasi untuk Android, Bikin Ponsel Makin Keren

| 14 Oct 2022 21:23
Aplikasi Notifikasi untuk Android, Bikin Ponsel Makin Keren
Ilustrasi android (Pixabay/Pexel)

ERA.id - Untuk kalian pengguna smartphone, notifikasi adalah sebuah fitur yang memberikan kemudahan bagi kita saat mendapatkan berbagai pembaruan. Kamu akan mengetahui informasi, seperti pesan masuk atau informasi seputar ponsel.

Nah, pada artikel ini kalian akan mendapatkan referensi bagi kalian yang ingin memperbarui fitur tersebut agar lebih menarik. Ada beberapa aplikasi notifikasi yang bisa kamu gunakan dan unduh dengan mudah.

Daripada kamu bosan dengan tampilan yang begitu-begitu saja dan standar, di bawah ini ada beberapa aplikasi Android keren yang bisa menjadikan bar notifikasi terasa lebih menarik dan beda. Simak ulasan lengkapnya, dihimpun dari Regendus.

1. Material Notification Shade

Saat kamu mengoperasikan smartphone, tentunya kamu sering mendapatkan notifikasi dari berbagai aplikasi bukan? Tak dipungkiri, keberadaan bar notifikasi akan memudahkan kamu untuk berinteraksi dengan smartphone kalian.

Mungkin sebagian orang akan bosan dengan tampilan bar notifikasi yang seperti itu saja. Tak ada perubahan dari waktu ke waktu sama sekali.

Dengan aplikasi di bawah ini, kamu akan lebih mudah untuk menggunakan ponsel Android dengan bar notifikasi yang kamu rancang sendiri.

Material Notification Shade merupakan pengganti panel notifikasi untuk sistem operasi Android. Di dalamnya tersedia banyak pilihan warna. Namun memang diperlukan beberapa pengaturan, terutama untuk membuat bundling otomatis pemberitahuan aplikasi tunggal berfungsi maksimal.

Singkatnya, memungkinkan kamu menyesuaikan bilah notifikasi dengan mengubah desain dan warna sesuka hati.

“Aplikasi fitur-fitur dari Android ke pusat notifikasi Anda dan menambahkan banyak penyesuaian di atasnya sehingga Anda dapat membuat perangkat Anda menonjol,” demikian keterangan di laman Google Play Store.

2. Metro Notifications

Aplikasi Metro Notifications dapat memperlihatkan notifikasi berupa hover pada layar smartphone kalian. Dengan ini kamu bisa mengabaikan notifikasi apapun dengan cara menggeser ke kanan atau ke kiri. Aplikasi ini akan membantu kalian memilih warna untuk setiap notifikasi, sehingga dapat memudahkan untuk mengidentifikasi notifikasi.

3. Echo

Echo adalah aplikasi notifikasi lockscreen yang sangat cepat dan praktis untuk kalian gunakan dalam menampilkan notifikasi. Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan serta menampilkan notifikasi yang cukup lengkap. Dengan aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melihat dan juga mengelola notifikasi langsung dari layar kunci.

4. Notification Toggle

Notification Toggle adalah sebuah aplikasi untuk menyesuaikan kotak pengingat, sehingga kamu memiliki akses langsung ke utilitas apa saja yang paling banyak kamu gunakan dalam ponsel.

Aplikasi ini dapat menambahkan baris tambahan secara terus menerus dari toggles ke panel di atas bar notifikasi. Di dalamnya, kamu juga bisa memilih pengaturan mana saja yang ingin kamu sertakan. Bahkan kamu bisa menambahkan aplikasi lain jika kamu mau membayar untuk mendapatkan versi premiumnya.

Ikon dan baris notifikasi dari aplikasi ini juga dapat kalian ubah sesuka hati supaya dapat terlihat seluruhnya saat ada notifikasi masuk.

5. Quick Settings

Aplikasi Quick Setting ini memungkinkan pengguna agar dapat menyematkan tindakan dari aplikasi ke panel tersebut. Quick Setting ini adalah salah satu aplikasi, berfungsi untuk memperlihatkan tampilan beberapa fungsi dasar dari Android yang lainnya, dan yang tidak disertakan secara default. Kamu juga bisa mengakses pengelola aplikasi dan sistem aplikasi Android hanya dengan sekali ketukan.

6. Floatify

Aplikasi ini dapat menggeser panel pemberitahuan baru. Aplikasi ini dapat memungkinkan kamu untuk membalas secara instan ataupun hanya sekedar membaca saja dari pemberitahuan tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu. Inilah aplikasi sederhana yang akan mengubah notifikasi kamu menjadi jendela mengambang yang tampil di layar.

Saat menggunakan smartphone, tentunya kamu sering mendapatkan notifikasi bukan? Tak dipungkiri, keberadaan bar notifikasi akan memudahkan kamu untuk berinteraksi dengan smartphone kalian. Mungkin sebagian orang sering bosan dengan tampilan bar notifikasi yang biasa saja.  Dengan rekomendasi aplikasi di atas, kamu bisa mengganti tampilan notifikasi kalian agar lebih keren. Yuk dicoba!

Rekomendasi