Wajib Tahu, Inilah 6 Penyebab Mobil Boros BBM

ERA.id - Tak dapat dipungkiri, kalau urusan BBM harus diperhatikan ketika Anda punya mobil. Terlebih bila Anda beli mobil bekas yang pasti menginginkan BBM yang irit.

Tapi, nyatanya ini tidak berkaitan dengan mobil baru atau bekas, pada kenyataanya ada beberapa penyebab kenapa mobil bisa boros BBM.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bukan berarti beli mobil bekas akan boros BBM. Karena ada beberapa penyebab yang memang menjadi jawaban kenapa BBM mobil menjadi boros. Nah, berikut 7 penyebab mobil boros BBM.

1. Telat ganti oli

Penyebab yang menjadi alasan utama kenapa BBM mobil boros adalah telat ganti oli. Perlu Anda tahu bahwa oli berfungsi agar kinerja dari mesin semakin baik. Tentu saja, setiap Anda service mobil, maka sudah pasti akan diganti olinya.

Ketika oli terlambat Anda ganti, maka performa dari mesin akan menurun. Hal ini bisa menyebabkan mobil menghabiskan bensin atau BBM dalam jumlah yang lebih besar.

2. Ada masalah pada ban

Ilustrasi mobil (Foto: Pexels/Lloyd Freeman)

Penyebab selanjutnya yang bisa membuat BBM menjadi boros adalah ada masalah dari ban. Contohnya adalah dengan memilih ban yang berukuran lebih besar, di mana hal ini bisa menyebabkan tarikan mobil semakin berat.

Akhirnya pun mobil akan menggunakan bahan bakar yang lebih banyak. Tidak hanya itu saja, ketika ban kekurangan angin pun bisa membuat bensin menjadi boros.

3. Filter kotor

Apabila Anda merasa bahwa bensin pada mobil boros, maka ceklah untuk bagian filter bensin. Filter bensin memiliki peranan penting agar bisa menyaring bensin agar tidak mengotori mesin. Ketika filter bensin ini terlalu kotor, maka sudah pasti bensin tidak dapat disaring dengan baik.

Apabila bensin yang digunakan terlalu kotor, maka akan sangat berpengaruh terhadap ruang pembakaran. Dimana nantinya akan membakar bensin terlalu banyak. Hasilnya pun BBM jelas akan semakin boros. Bahkan jika Anda diamkan bisa jadi akan ada kerusakan pada mesin pembakaran.

4. Knalpot bocor

Ketika Anda sudah merasa bahwa bensin mobil terlalu boros, maka lebih baik cek bagian knalpot mobil. Karena bisa jadi, knalpot mobil mengalami kebocoran yang jelas akan menyebabkan penggunaan bahan bakar lebih banyak. Sehingga Anda harus memastikan bahwa bagian ini selalu dalam keadaan baik.

5. AC yang terlalu dingin

Ilustrasi mobil (Foto: Pexels/Hassan OUAJBIR)

Bensin boros ada mobil juga disebabkan oleh AC yang Anda gunakan terlalu dingin. Ketika Anda menggunakan AC dengan suhu yang terlalu rendah, maka sudah pasti penggunaan bensin lebih banyak dari biasanya. Jadi, ada baiknya Anda tidak menggunakan AC hingga titik terdingin.

6. Salah pilih bahan bakar

Penyebab yang juga kerap tidak diperhatikan akan keborosan bensin adalah salah memilih jenisnya. Anda harus tahu bahwa setiap mobil didesain dengan menggunakan jenis bensin yang tepat. Ketika Anda memaksakan mobil menggunakan bahan bakar yang tidak tepat, maka sudah pasti akan boros.

Jadi lebih baik Anda memastikan terlebih dahulu akan jenis bahan bakar yang digunakan untuk mobil.

Demikianlah beberapa penyebab kenapa mobil sangat boros BBM. Apabila Anda ingin mencari tempat jual mobil bekas yang terpercaya, maka bisa mengunjungi platform atau aplikasi mobbi.

Dimana aplikasi dan platform mobbi yang dulunya bernama mo88i akan memberikan pelayanan terbaik. Tidak hanya itu saja, semua mobil yang dijual di mobbi sudah pasti sesuai standar dengan harga yang juga bersaing.