Tips Hemat BBM Saat Macet Mudik Lebaran

ERA.id - Saat terjebak dalam kondisi macet, kendaraan akan mengalami konsumsi bahan bakar yang lebih besar. Lantas bagaimana tips hemat bbm saat macet? Artikel ini akan membahas beberapa tipsnya, agar mudik nyaman dan selamat sampai tujuan.

Apakah macet bikin bensin boros?

Kemacetan dapat membuat konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi lebih boros. Hal ini terjadi karena kendaraan yang terjebak dalam kemacetan seringkali harus berhenti dan bergerak secara tiba-tiba, yang dapat meningkatkan penggunaan bahan bakar.

Selain itu, mesin kendaraan yang bekerja dalam kondisi idle (berhenti tetapi mesin masih hidup) juga dapat memakan banyak bahan bakar. Jadi, semakin lama kendaraan Anda terjebak dalam kemacetan, semakin banyak bahan bakar yang digunakan dan semakin boros penggunaan bahan bakarnya.

Oleh karena itu, selalu penting untuk mengikuti tips hemat BBM saat terjebak dalam kondisi macet untuk mengurangi penggunaan bahan bakar dan meningkatkan efisiensi kendaraan.

Dengan demikian, kemacetan dapat menguras kantong dan membuat penggunaan bahan bakar menjadi tidak efisien. Namun, ada beberapa tips hemat BBM yang dapat diterapkan saat terjebak dalam kondisi macet, berikut adalah beberapa di antaranya:

Tips Hemat BBM saat Macet

  1. Gunakan gigi rendah

    Gunakan gigi rendah (unsplash)

Ketika kendaraan Anda terjebak dalam kemacetan, gunakan gigi rendah atau gigi 1 pada transmisi manual atau posisi D2 pada transmisi otomatis. Dengan menggunakan gigi rendah, mesin akan bekerja lebih keras dan membutuhkan lebih sedikit bahan bakar dibandingkan dengan menggunakan gigi tinggi.

  1. Hindari melakukan akselerasi dan pengereman yang tiba-tiba

Ketika kendaraan berjalan dalam kondisi macet, seringkali Anda merasakan frustasi dan cenderung untuk melakukan akselerasi dan pengereman yang tiba-tiba. Namun, hal ini dapat mempercepat konsumsi bahan bakar dan mengurangi efisiensi kendaraan. Hindari melakukan akselerasi yang tiba-tiba dan gunakan rem untuk mengurangi kecepatan secara perlahan.

  1. Matikan mesin saat berhenti lebih dari satu menit

Jika Anda berhenti dalam kondisi macet selama lebih dari satu menit, matikan mesin mobil Anda. Ini akan membantu menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Namun penting juga untuk mematikan mesin hanya jika Anda berhenti dalam waktu yang cukup lama dan Anda yakin Anda tidak akan segera melanjutkan perjalanan.

  1. Pastikan ban dalam kondisi yang baik

    Pastikan ban dalam kondisi yang baik (unsplash)

Pastikan ban kendaraan Anda dalam kondisi yang baik dan terisi angin dengan tekanan yang tepat. Ban yang kurang terisi atau dalam kondisi aus dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan memperburuk efisiensi kendaraan.

  1. Bersihkan kendaraan secara teratur

Membawa beban tambahan pada kendaraan Anda dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. Bersihkan barang-barang yang tidak diperlukan dari kendaraan Anda, dan pastikan kendaraan Anda dalam keadaan ringan dan bersih agar memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

  1. Gunakan sistem pendingin mobil dengan bijak

Sistem pendingin mobil dapat memakan banyak energi dan mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Gunakan sistem pendingin mobil dengan bijak dan jangan menyalakannya secara terus-menerus saat Anda terjebak dalam kondisi macet.

  1. Atur jarak aman antara kendaraan

Jarak yang terlalu dekat antara kendaraan dapat mengurangi efisiensi bahan bakar karena sering harus melakukan akselerasi dan pengereman secara tiba-tiba. Atur jarak aman antara kendaraan Anda dan kendaraan di depan Anda agar dapat mengurangi konsumsi bahan bakar.

Selain tips hemat bbm saat macet, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman