Jangan Asal Beli, Ini Beberapa Tips Membeli Mobil Bekas yang Harus Anda Perhatikan

ERA.id - Bagi Anda yang ingin membeli mobil baru tetapi tidak memiliki cukup bujet biasanya akan memilih mobil bekas murah yang berkualitas sebagai pilihan. Namun, kekhawatiran tentunya akan dirasakan siapa pun yang membeli barang second atau bekas, sebab kualitas barangnya diyakini sudah menurun.

Ilustrasi mobil bekas. (Foto: Dok. Antara)

Itulah sebabnya dibutuhkan ketelitian dan kewaspadaan ketika membeli mobil bekas. Bagi Anda yang hendak membeli mobil bekas, tak perlu khawatir karena dalam artikel ini akan dibagikan beberapa tips membeli mobil bekas yang murah dan tetap berkualitas. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sesuaikan Bujet dengan Mobil yang Akan Dibeli

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami daftar harga mobil yang akan dibeli. Ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mencocokkan perkiraan harga mobil bekas dan bujet yang Anda sediakan. Dengan demikian, Anda harus memilih mobil yang cocok dengan kemampuan finansial Anda. Setelah itu, barulah menentukan skema pembayaran yang tidak memberatkan ataupun mengganggu kondisi keuangan Anda di masa yang akan datang.

2. Kenali dan Cermati Penjual Mobil Bekas

Tentunya Anda tidak ingin ada hal buruk terjadi. Itulah sebabnya Anda perlu mencermati semua hal yang berhubungan dengan transaksi, salah satunya adalah latar belakang penjual. Penjual mobil bekas sendiri bisa berbentuk perorangan ataupun lembaga.

Anda harus mencermati penjual dengan menjalani riset mengenai profil dan riwayat transaksi yang pernah dilakukan penjual. Sama halnya ketika Anda mempelajari kondisi sebuah leasing jika membeli mobil di leasing pilihan Anda.

Dengan mencermati riwayat penjual mobil bekas, Anda dapat memahami kebiasaan penggunaan mobil bekas yang akan dibeli dalam kesehariannya. Harapannya adalah, Anda akan jauh lebih percaya diri dalam menentukan keputusan pembelian mobil bekas tersebut.

3. Cek Kondisi Eksterior dan Interior Mobil

Tips selanjutnya adalah memeriksa kondisi dan kelengkapan semua komponen mobil. Anda disarankan untuk memeriksa kelengkapan dan memastikan setiap komponen berfungsi dengan baik.

Anda dapat berkomunikasi dengan penjual saat melakukan pemeriksaan eksterior dan interior mobil bekas tersebut. Beberapa bagian eksterior dan interior yang harus Anda periksa antara lain:

Bagian Eksterior

Untuk bagian eksterior, Anda bisa memeriksa komponen bodi mobil. Perhatikan kaca mobil, cat mobil, panel pintu, serta kap mesin. Selain itu, cek juga chasis mobil, dan pastikan Anda tidak mendapati karat pada bagian tersebut. Jika Anda mendapatkan mobil bekas yang pernah mengalami modifikasi, pastikan modifikasi tidak dilakukan pada struktur, mesin, serta penggantian warna yang berlebihan.

Saat memeriksa bagian mesin mobil, pastikan kondisi kebersihan mesin benar-benar terjaga. Biasanya Anda akan menemukan tumpukan debu jika mesin tidak terawat. Perhatikan juga suara mesin serta asap yang keluar dari knalpot mobil. Jangan lewatkan juga kondisi aki serta cairan mobil.

Anda juga harus memastikan mobil tidak miring dan setir masih bisa dikendalikan dengan mudah dan nyaman. Selain itu, ban mobil dan kampas rem juga harus dipastikan kondisinya.

Bagian Interior

Komponen interior yang harus Anda perhatikan adalah sistem audio, fungsi AC, serta lampu. Pastikan semua bagian tersebut masih berfungsi dengan baik sebagai mana mestinya. Anda juga harus memeriksa kursi mobil dengan cara langsung mendudukinya.

Ketika akan membeli mobil bekas, kebersihan mobil juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Pastikan mobil tidak menghasilkan bau yang mengganggu, serta periksa kebersihan kursi serta lantai mobil. Jika Anda mendapati kotoran yang sudah mengendap bahkan berkerak, kemungkinan besar banjir pernah merendam mobil tersebut.

Meminta Bantuan Ahli Mekanik

Jika Anda ragu saat melakukan observasi dan penilaian terhadap mobil bekas yang akan dibeli, sebaiknya mintalah bantuan ahli mekanik. Ahli mekanik tersebut bisa membimbing Anda untuk menguji kelayakan dan kualitas dari sebuah mobil bekas yang akan Anda beli. Melalui petunjuk dan arahan dari ahli mekanik, Anda dapat semakin yakin untuk menentukan dan memilih mobil bekas yang Anda kehendaki.

5. Periksa Riwayat Servis Mobil

Dengan memeriksa riwayat servis atau service record, Anda dapat mengetahui secara rinci tingkat perawatan berkala sebuah mobil bekas. Anda akan memahami apakah mobil bekas yang akan dibeli terawat secara berkala atau tidak.

Jika mobil bekas diharuskan mendapatkan servis rutin, kemungkinan besar mobil tersebut mendapatkan perawatan dengan baik dan layak jalan. Selain itu, dengan service record, Anda juga akan memahami di bengkel mana yang menjadi tempat servis.

Untuk memastikan kualitas mobil bekas, sebaiknya pilihlah mobil bekas yang mempunyai service record yang rutin di bengkel resmi. Sebab, bengkel resmi sudah lebih terjamin dan bisa memberikan kepastian mengenai keaslian odometer mobil dan juga suku cadang yang digunakan.

6. Cek Kelengkapan dan Keaslian Dokumen

Setelah melakukan tips sebelumnya, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memastikan kelengkapan dan legalitas dari dokumen-dokumen mobil bekas incaran Anda. Surat-surat kendaraan yang harus ada, antara lain Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Selain itu, periksa nomor mesin dan nomor rangka motor serta cocokkan dengan keterangan di STNK dan BPKB mobil bekas incaran Anda.

Anda tentunya harus memastikan dokumen-dokumen tersebut benar-benar asli. Hal ini dilakukan untuk menghindari potensi mobil bekas yang Anda beli sebagai mobil curian.

7. Cek Status Asuransi pada Mobil

Status asuransi pada mobil bekas juga wajib Anda periksa. Sebab, mobil bekas belum pasti sudah diasuransikan sebelumnya. Sebagai calon pemilik mobil, Anda harus mengupayakan perlindungan mobil dengan asuransi. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda tidak mendapatkan kerugian akibat risiko yang muncul pada mobil tersebut di kemudian hari.

Demikianlah penjelasan mengenai tips membeli mobil bekas yang dapat Anda terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…