Apa Saja Manfaat Membaca Surah Al Waqiah? Simak Penjelasan Berikut

ERA.id - Salah satu manfaat membaca surah Al Waqiah yang diketahui oleh masyarakat adalah surah untuk memohon syafaat agar mendapatkan keselamatan pada hari kiamat.

Dikutip Era dari laman resmi NU Ponorogo, Al-Waqiah memiliki makna ‘hari kiamat’, surah ini terdiri atas 96 ayat. Disebutkan bahwa ada beberapa manfaat jika seseorang membaca surah ini pada malam hari dan saat salat Subuh. Al-Waqiah merupakan surah ke-56 yang ada di dalam jus ke-27.

Tema Utama Surah Al Waqiah

Ilustrasi orang mendapat rezeki (unsplash)

Menurut para ulama, manfaat dari membaca surat Al Waqiah setiap malam dan setelah salat Subuh adalah dimudahkan dan dicukupkan rezekinya oleh Allah Swt., serta dijauhkan dari kefakiran.

M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al Mishbah memberikan penjelasan mengenai tema utama surah Al Waqiah, yaitu tentang hari akhir atau hari kiamat, penjelasan soal yang akan terjadi di Bumi, kenikmatan bagi orang-orang bertakwa, dan apa yang akan dialami oleh orang-orang yang durhaka terhadap perintah Allah Swt. pada hari kiamat.

Sementara, menurut Al Biqa’i, surah Al-Waqiah menguraikan tiga kelompok atau golongan. Pertama, kelompok orang yang dekat dengan Ar-Rahman tampil lebih dulu daripada orang-orang taat yang lain. Kelompok ini disebut as-saabiqun.

Kedua, kelompok orang taat selain as-saabiqun, yaitu Ashabul yamin. Ketiga adalah kelompok orang yang secara terang-terangan melakukan kedurhakaan dan munafik, baik manusia maupun jin. Kelompok ketiga ini disebut sebagai ashabul masy’amah.

Manfaat Membaca Surah Al Waqiah

Dilansir tebuireng.online, membaca surah Al-Waqiah dan menjadikannya sebagai doa serta wirid akan membuat orang tersebut mendapatkan kemudahan dan kesenangan. Orang yang membaca surah tersebut setiap hari akan mendapatkan rezeki dari Allah Swt.

Berdasarkan penjelasan para ulama mufasir, Abdullah bin Mas’ud membuka sebuah rahasia, yaitu ia telah mengajarkan satu amalan yang pernah diajarkan oleh Rasulullah saw. kepadanya.

“Apakah Amirul Mukminin takut putra-putraku miskin? Mereka sudah kusuruh membaca surat Waqiah setiap malam,” ungkap Abdullah bin Mas’ud saat sakit menjelang wafat.

Setelah itu, ia menyampaikan sabda Rasulullah saw. yang pernah ia dengar. Membaca surat Al-Waqiah saat malam, insyaAllah dijauhkan dari kemiskinan.

Utsman bin Affan ingin memberikan harta kepada Abdullah bin Mas’ud untuk anak-anaknya, tetapi hal tersebut ditolak. Abdullah bin Mas’ud tidak khawatir menderita kemiskinan.

Ia menyampaikan sabda Rasulullah saw., “Barangsiapa membaca surat Al-Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya.” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir).

“Barangsiapa membaca surat Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan.” (HR. Abu Syuja).

Itulah berbagai manfaat membaca surah Al-Waqiah. Uang memang tak jatuh dari langit, tetapi rezeki diberikan oleh Allah Swt., baik melalui jalan umum maupun yang tak terduga. Bagi umat Islam, bekerja bukanlah inti dari datangnya rezeki sebab perlu diimbangi dengan doa juga.