AS Siap Bantu Thailand Kembangkan Tenaga Nuklir

ERA.id - Amerika Serikat (AS) akan membantu Thailand mengembangkan tenaga nuklir melalui reaktor kecil kelas baru untuk memerangi perubahan iklim. Wakil Presiden AS Kamala Haris mengumumkannya saat kunjungan ke Thailand untuk menghadiri KTT APEC, Sabtu (19/11/2022).

Gedung Putih mengatakan bantuan tersebut merupakan bagian dari Net Zero World Initiative, sebuah proyek yang diluncurkan pada KTT iklim Glasgow tahun lalu, di mana AS bermitra dengan sektor swasta dan filantrop untuk mempromosikan energi bersih.

Thailand memang tidak punya tenaga nuklir dan masyarakat semakin takut menggunakannya setelah bencana nuklir Fukushima 2011 di Jepang.

AS menawarkan bantuan teknis kepada Thailand untuk menyebarkan teknologi pengembangan reaktor modular kecil portabel buatan pabrik. Reaktor semacam itu umumnya dianggap lebih aman karena tidak memerlukan campur tangan manusia untuk dimatikan dalam keadaan darurat.

"Kami benar-benar berharap dapat bekerja sama dengan Thailand untuk memanfaatkan manfaat dari reaktor modular kecil dan sumber energi bersih yang andal," kata seorang pejabat senior AS yang bepergian dengan Harris seperti dilansir dari Channel News Asia.

Gedung Putih juga mengatakan para ahli AS akan bekerja dengan Thailand dalam pembuatan reaktor yang memiliki "standar keselamatan, keamanan, dan nonproliferasi tertinggi".

Harris akan membahas inisiatif tenaga nuklir dalam pertemuan Sabtu malam dengan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha.

Gedung Putih juga mengumumkan inisiatif dengan Thailand untuk meningkatkan keamanan internet 5G dan proyek untuk membangun pusat perawatan kanker "kelas dunia" di provinsi Chonburi timur.