Doa ketika Gempa Bumi, Ikhtiar Rohani Memohon Perlindungan Tuhan

ERA.id - Bencana alam adalah hal yang tak bisa ditebak secara pasti kapan datangnya, salah satunya gempa bumi. Terkait hal tersebut, ada doa ketika gempa bumi yang bisa dibaca oleh umat muslim.

Indonesia berada di jalur Ring of Fire sekaligus di pertemuan tiga lempeng besar bumi. Tak heran jika Indonesia kerap diguncang gempa. Belum lama ini, gempa dengan magnitudo 5,6 terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Getarannya bisa dirasakan di beberapa daerah di sekitarnya.

Kondisi terkini pemukiman warga di Cianjur usai diguncang gempa, kemarin. (Ilham Apriyanto/ERA.id)

Bencana alam seperti itu memang hampir tak mungkin untuk dihindari. Manusia hanya bisa melakukan upaya mitigasi bencana. Selain itu, sebagai umat Islam, kita bisa membaca doa untuk memohon perlindungan dan pertolongan dari Allah Swt.

Doa ketika Gempa Bumi

Dikutip Era dari NU Online, pengasuh Pondok Pesantren Al-Quran Azzayadi Solo pernah mengunggah doa setelah gempa bumi di Sukabumi. Doa yang dikirim melalui grup WhatsApp ini disebut sebagai doa ketika gempa bumi. Berikut ini adalah bunyi dari doa tersebut.

اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ 

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi 

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”  

Gempa bumi terjadi secara tiba-tiba dan dampaknya bisa beragam. Gempa berkekuatan kecil akan membuat beberapa benda di atas meja bergerak. Namun, gempa besar bisa mengancam nyawa. Apakah dalam kondisi tersebut kita bisa berkonsentrasi dengan baik untuk membaca doa itu? Selain itu, bagaima dengan upaya mitigasi bencana?

Bukan berarti Kiai Abdul Karim menganjurkan membaca doa tersebut tepat saat gempa terjadi dan kondisi Anda sedang terancam. Doa tersebut bisa dibaca setelah guncangan gempa mereda atau Anda sudah berada di tempat yang aman. Selain itu, doa tersebut juga bisa dibaca saat Anda berada dalam bencana alam yang lain yang membahayakan nyawa.

Doa ketika gempa bumi merupakan upaya kita mengharap perlindungan kepada Allah Swt. Namun, upaya mitigasi bencana tetap perlu dilakukan dengan benar sebagai bentuk ikhtiar jasmani untuk menghindari dampak buruk.