Kaesang Yakin Ayahnya Lolos Tes Kesehatan

Jakarta, era.id - Putra bungsu Joko Widodo, Kaesang Pangerap yakin ayahnya lolos tes kesehatan untuk maju sebagai calon presiden 2019.

Kaesang menuturkan, ayahnya memiliki fisik yang kuat, hal tersebut terlihat dengan sejumlah latihan tinju yang dijalaninya sehari-hari.

"Bapak sehat banget, main tinju saja bisa, masa tes kesehatan enggak bisa," kata Kaesang di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (12/8/2018).

Menurut Kaesang selama ini kondisi Jokowi baik-baik saja. Jokowi tidak pernah mengidap penyakit yang berat. Adapun penyakit yang biasa dialami bapaknya hanyalah masuk angin.

"(Riwayat penyakit berat) enggak ada, masuk angin tuh ada," kata Kaesang.

Di tempat yang sama, Putri ke delapan Ma'ruf Amin, Siti Haniatunisa mengatakan kondisi ayahnya juga dalam keadaan fit. Sejauh ini riwayat kesehatan ketua MUI itu juga tidak ada masalah.

Siti menerangkan Ma'ruf tidak pernah dirawat di rumah sakit dalam waktu yang lama. Ia pun yakin jika sang ayah bisa lolos dari tes kesehatan ini.

Sebelum menjalani tes kesehatan, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Ma'ruf dan keluarga. Hanya lantunan doa yang disisipkan di tiap salat, agar rais aam PBNU itu bisa lolos ke tahap selanjutnya.

"Enggak ada persiapan khusus yang penting doa saja," ujar Siti.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan pihak Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) selaku penanggung jawab jalannya tes kesehatan menerangkan tes kesehatan yang berlangsung hari ini, akan memberikan hasil penilaian kesehatan terhadap kedua peserta, Jokowi dan Ma'ruf.

Hasil kesehatan tersebut diberikan kepada KPU Pusat dan para peserta tes kesehatan. Tes kesehatan yang diberikan juga berisi masukan perihal mampu atau tidak mampu secara rohani dan jasmani para peserta dalam mengemban jabatan lima tahun kedepan sebagai presiden. Hasil tes kesehatan ini dapat diperoleh paling lambat dua hari setelah tes diadakan.

Namun perlu ditekankan, keputusan lolos atau tidaknya tes kesehatan para peserta bergantung pada putusan KPU Pusat. Pihak penanggung jawab hanya memberikan hasil tes. Adapun KPU Pusat menegaskan bagi calon yang gagal dalam melewati tes ini, akan ada tes pendalaman kesehatan. Hasil dari tes kesehatan pendalaman itu harus dikumpulkan paling lambat 20 September 2018.

Baca Juga : Jalani Tes Kesehatan, Jokowi-Ma'ruf Didampingi Anak Bungsu

Tag: jokowi-maruf amin pemilu 2019