Daftar Artis JYP Entertainment yang Bertahan hingga Saat Ini

ERA.id - JYP Entertainment merupakan salah satu agensi selebritas terbesar di Korea Selatan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1997 dengan nama Taehong Planning Ltd. oleh Park Jin-young sebelum akhirnya diubah menjadi JYP Entertainment pada 2001. Ada banyak artis JYP Entertainment yang namanya melambung, baik di Korea Selatan maupun internasional.

Beberapa arstis yang ada di bawah naungan agensi ini adalah 2PM, Twice, Nmixx, Stray Kids, ITZY, XdinaryHeroes, Day6, dan Park Jin-young sendiri. Perushaan ini tidak hanya menjadi manajemen artis, tetapi juga menjalankan beberapabisnis pendukung, seperti label rekaman, event organizer, dan produksi musik.

Daftar Artis JYP Entertainment

JYP Entertainment menaungi banyak artis Korea Selatan. Ranah hiburan atau keartisan ini juga cukup beragam, seperti grup, solois, aktor dan aktris, serta trainee. Dikutip Era dari kpop.fandom.com, berikut ini adalah deretan artis yang dinaungi oleh JYP Entertainment.

1.    Artis Grup

ITZY (Soompi)

Pecinta musik grup Korea Selatan pasti tahu dengan 2PM. Ini merupakan artis grup yang dinaungi oleh JYP Entertainmen sejak 2008 hingga saat ini. Selain itu, ada nama besar lain yang lahir dari agensi ini, yaitu TWICE. Girlband ini bergabung dengan JYP Entertainmen pada 2015 dan masih di dalamnya hingga saat ini. 

Pada tahun yang sama, terdapat grup k-pop bernama DAY6. Sementara DAY6 (Even of Day) bergabung dengan agensi ini sejak 2020 hingga sekarang.

Pada tahun 2017, ada dua grup musik yang bergabung dengan JYP Entertainment dan masih bertahan hingga saat ini, yaitu Stray Kids dan 3RACHA. Boy Story merupakan grup musik hip-hop asal China yang diluncurkan oleh JYP Entertainment pada 2018 dan masih bertahan hingga sekarang.

Grup musik selanjutnya adalah ITZY. Mereka diluncurkan oleh JYP Entertainment pada 2019 dan hingga saat ini masih bertahan. Selang satu tahun, JYP Entertainment bersama Sony Music Entertainmen Japan meluncurkan idol wanita Jepang bernama NiziU. Terkahir, tahun 2021 JYP meluncurkan NMIXX.

2.    Solois

Selain grup musik, JYP juga menaungi para pemusik solo. Orang pertama yang melambung dari JYP Entertainment dan masih bertahan hingga saat ini adalah si pemilik dari agensi ini, yaitu Park Jin-yung.

Pada tahun 2008, JYP Entertainment menaungi Jun. K dan masih bertahan hingga saat ini. Pada tahun tersebut, ada dua nama yang juga dinaungi dan masih bertahan hingga sekarang, yaitu Wooyoung dan Junho. Satu lagi solois yang dinaungi oleh JYP Entertainmen adalah NakJoon. Dia bergabung pada 2-14 dan masih bertahan hingga saat ini.

3.    Aktor dan aktris

Di dunia seni peran, JYP Entertainment saat ini mengelola para aktor dan aktris denagn menggandeng NPIO Entertainment. NPIO Entertainment merupakan agensi manajemen aktor serta perusahaan produksi drama/film. Perusahaan ini didirikan oleh wakil presiden JYP, Pyo Jong Rok.

Beberapa nama yang dinaungi oleh kedua perusahaan ini adalah Lee Chan Sun, Kang Hoon, Kim Dong Hee, Shin Eun Soo, Shin Ye Eun, dan Yoon Park. Pecinta drama Korea mungkin akrab dengan nama-nama tersebut.

Itulah para artis JYP Entertainment yang masih tergabung dengan agensi tersebut hingga saat ini. Beberapa nama artis telah memutuskan untuk keluar dari JYP Entertainment, tetapi hal tersebut tak lantas membuat perusahaan ini berhenti melahirkan artis kenamaan baru.