4 Agensi Terbesar 2022 di Korea Selatan yang Sukses Melambungkan Artis-artisnya

| 17 Nov 2022 08:02
4 Agensi Terbesar 2022 di Korea Selatan yang Sukses Melambungkan Artis-artisnya
BTS, k-pop Korea Selatan (antaranews)

ERA.id - Perusahaan agensi hiburan Korea Selatan punya tugas melatih atau menggodok artis, menyusun jadwal artis, mengelola keuangan artis, dan memilihkan lagu atau proyek untuk sang artis. Terkait hal tersebut, ada beberapa agensi terbesar 2022 di Korea Selatan yang sukses melambung bersama artisnya.

Ini merupakan hal yang menarik sebab agensi K-pop berperan besar terhadap ketenaran dan keberhasilan artis yang dinaungi—tanpa mengecilkan peran sang artis terhadap agensi. Sementara, agensinya memperoleh pemasukan dari penjualan musik dan merchandise.

Beberapa kasus bahkan menempatkan agensi mendapatkan mayoritas rasio pendapatan artis. Hal tersebut tergantung klausul kontrak antara perusahaan agensi dengan artis terkait.

Hal ini menjadi tanda bahwa semakin besar seorang atau sekelompok artis, semakin besar pula agensi yang memayunginya. Dikutip Era dari lottemart.co.id, berikut adalah beberapa agensi besar di Korea Selatan tahun ini.

Daftar Agensi Terbesar 2022 di Korea Selatan

1. Hybe Corporation

Tampaknya Hybe Corporation (dahulu bernama Bighit Entertainment) pantas disebut sebagai agensi hiburan Korea Selatan terbesar saat ini. Perusahaan ini didirikan pada 2005 oleh Bang Shi-hyuk.

Anda pasti tahu dengan grup K-pop bernama BTS, bukan? Debut boyband asal Korea Selatan ini (2013) menjadi awal kebesaran nama Bighit Entertainment. BTS tidak hanya sukses untuk diri mereka saja, tetapi turut mengankat nama agensi yang menaungi mereka.

Pada 2021, Hybe Corporation membukukan pendapatan sebesar 1,26 triliun won dari penjualan ke seluruh dunia dan 140,8 miliar won laba bersih. Selain BTS, ada beberapa grup K-pop lain yang diurus oleh agensi ini, seperti TXT, Seventeen, dan Lesserafim.  

2. SM Entertainment

Nama agensi ini mungkin sudah cukup akrab di telinga masyarakat Indonesia. SM Entertainment menjadi perusahaan agensi K-pop terbesar kedua di Korea Selatan.

Tak seperti Hybe Corporation, sejarah SM Entertainment terbilang lebih panjang. Perusahaan ini bisa ditelusuri sejarahnya hingga tahun 1989. Meski demikian, laman resmi mereka menyebutkan bahwa SM didirikan pada tahun 1995.

Ada banyak artis Korea Selatan yang berhasil diorbitkan oleh SM, antara lain grup K-pop H.O.T, S.E.S, BoA, NCT, dan Aespa. Tak hanya mengangkat artis yang dinaungi, SM juga mengakuisisi perusahaan agensi hiburan jenis lain. Tercatat, mereka mengakuisisi Mystic Story (Billie, Brown Eyed Girls) dan Keyeast, agensi aktor.

Pada 2021, salah satu agensi terbesar Korea Selatan ini membukukan capaian penjualan sebesar 769 miliar won dan laba bersih sebesar 133 miliar won. Tidak heran jika saham SM Entertainment saat ini dijual dengan harga 70.000 won per lembar.

3. JYP Entertainment

Selanjutnya ada nama JYP Entertainment. Perusahaan ini didirikan serta dipimpin oleh Park Jin-young pada tahun 1997. Beberapa nama besar telah berhasil diorbitkan oleh perusahaan agensi ini, seperti Twice, 2PM, Stray Kids, Itzy, Day6, XdinaryHeroes, Nmixx, Bernard Park, dan Park Jin-young sendiri.

Perusahaan ini tak hanya bergelut di bidang manajemen artis. JYP Entertainment diketahui juga mengoperasikan sejumlah bisnis pendukung, antara lain produksi musik, event organizer, dan record label.

Pada 2021, JYP mencatatkan hasil penjualan senilai 193 miliar won dan laba sebesar 67,5 miliar won. Saham perusahaan agensi ini memiliki harga 59.600 won per lembar.

4. YG Entertainment

Blackpink (antaranews)

Tak bisa disangkal, ini adalah nama agensi yang saat ini kerap didengungkan oleh para penggila hiburan Korea Selatan di Indonesia. Banyak nama besar yang lahir di agensi ini, misalnya BigBang, BLACKPINK, 2ne1, Akmu, dan Teddy Park.

Perusahaan agensi ini didirikan pada tahun 1996 oleh dua bersaudara, Yang Hyun-suk dan Yang Min-suk. Saat ini, YG entertainment tak hanya menangani idol musik, tetapi juga aktor dan aktris. Beberapa nama besar dunia peran ada di bawah payung YG Entertainment, misalnya Kim Hee-ae, Yoo Seung-ho, dan Yoo In-na.

Ada banyak nama besar di dalam YG Entertainment. Salah satu agensi terbesar 2022 di Korea Selatan ini berhasil membukukan pendapatan senilai 266 miliar won dan laba bersih senilai 7,6 miliar won. Saat ini, nilai saham YG ada di harga 49.200 won per lembar.

Rekomendasi