Hemat Waktu dan Gas, Ini 5 Cara Merebus Daging biar Cepat Empuk

ERA.id - Berbagai jenis daging merah, seperti kambing, sapi, dan kerbau, membutuhkan waktu pemasakan yang cukup lama. Tantu hal ini kurang efisien, baik waktu maupun biaya (gas). Cara merebus daging biar cepat empuk perlu dikuasai sehingga hal tersebut tidak lagi jadi persoalan.

Dikutip Era dari Maggi.id, beriku adalah beberapa tips yang bisa dilakukan sehingga memasak daging bisa lebih cepat empuk. Masakan bisa tetap enak, tetapi tidak bikin kantong merana.

5 Cara Merebus Daging biar Cepat Empuk

1. Daun pepaya

Daun pepaya mengandung enzim alami yang memiliki fungsi memecah protein yang ada di dalam daging. Hal tersebut bisa membuat daging lebih empuk.

Cara menggunakan daun pepaya untuk mengempukkan daging sangat mudah. Anda bersihkan daun pepaya menggunakan air mengalir, keringkan, kemudian jadikan daun tersebut sebagai pembungkus daging. Bungkus daging dengan rapat dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, daging siap diolah.

2. Diamkan pada suhu ruangan

Ini adalah cara yang paling mudah. Jika Anda menyimpan daging di freezer, sebelum mengolahnya, masukkan daging tersebut ke dalam wadah tertutup kemudian letakkan di rak kulkas bagian bawah. Diamkan daging di tempat tersebut selama satu malam.

Kemudian, sekitar 30 menit hingga 1 jam sebelum dimasak, Anda bisa mengeluarkan daging dari kulkas. Namun, jangan dikeluarkan dari wadah tertutup.

Mendiamkan daging di suhu ruangan membuat suhu daging mengalami kenaikan secara perlahan dan stabil. Dengan demikian, tekstur daging lebih empuk secara merata. Cara ini mudah, tetapi efeknya tidak terlalu siginifikan. Setidaknya, jadi lebih empuk dibandingkan langsung mengolah daging yang baru keluar dari freezer.

3. Cara pemotongan

Cara memotong daging juga berpengaruh terhadap tingkat keempukan. Anda bisa memperhatikan daging yang akan dimasak. Serat yang memanjang akan tampak memiliki alur tertentu.

Nah, cara untuk membuat daging menjadi empuk adalah memotong daging tersebut berlawanan arah dengan serat dagingnya. Jadi, jika seratnya horizontal, Anda memotongnya vertikal. Teknik ini membuat serat daging menjadi lebih pendek sehingga lebih cepat empuk saat dimasak dan mudah dikunyah.

4. Nanas

Ilustrasi buah nanas untuk membuat daging cepat empuk (unsplash)

Buah nanas juga bisa dimanfaatkan untuk membuat daging sapi cepat empuk.  Seperti daun pepaya, nanas mengandung enzim alami yang bisa membuat daging merah cepat empuk.

Namun, cara penggunaannya berbeda dengan daun pepaya. Buah nanas perlu dihaluskan terlebih dahulu atau dijadikan jus. Setelah itu, lumurkan nanas halus atau jus nanas tersebut ke daging merah dan diamkan selama 30 menit.

5. Uap panas

Uap panas juga bisa digunakan untuk membuat daging merah lebih cepat empuk. Cara memanfaatkan uap panas adalah tidak membuka tutup panci dan gunakan stopwatch agar pengukuran waktunya lebih tepat.

Langkah yang perlu dilakukan, pertama, didihkan air dan rebus daging merah selama 5 menit menggunakan panci tertutup. Kedua, matikan kompor kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu, nyalakan lagi kompor dan rebus daging selama 7 menit. Cara merebus daging bisa cepat empuk ini membuat proses pemasakan lebih hemat gas sebab Anda hanya menggunakan kompor selama 12 menit. Namun, efeknya sama seperti Anda sedang memasak selama 30 menit-an.