Polri Tangkap 24 Terduga Teroris, IPW Minta Pemerintah Rangkul Napiter Agar Tak Terpapar Ideologi Menyimpang Lagi

ERA.id - Indonesia Police Watch (IPW) mengapresiasi langkah Polri yang telah menangkap 24 terduga teroris setelah insiden teror bom di Polsek Astananyar, Bandung, Jawa Barat.

“IPW mengapresiasi kerja Polri yang berhasil menangkap 24 terduga teroris di Jabar, Jateng dan Sumut menjelang Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023,” ungkapnya kepada wartawan, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Sugeng menyampaikan, bahwa langkah-langkah pencegahan seperti sangat perlu dilakukan oleh Polri, terutama menjelang perayaan hari besar seperti Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mendatang.

“Dalam catatan IPW, keberhasilan penangkapan 24 orang terduga teroris ini adalah keberhasilan pemetaan atas jaringan teroris dan kerja deradikalisasi para napi (napi teroris) oleh Densus 88 yang saat ini dipimpin Irjen Pol Martinus Hukom,” ujarnya.

Sugeng mengatakan, bahwa para napiter perlu dirangkul agar mereka tidak masuk kembali dalam jaringan teroris atau menjadi Lone Wolf karena paparan ideologi yang menyimpang.

“Pelaku bom Astananyar 7 desember 2022 adalah napiter yang diduga bergerak sebagai Lone Wolf yang sengaja menghilang dari pantauan polisi. Oleh karenanya, kerja pemantauan, pemetaan dan penggalangan terkait terorisme menjadi sangat penting,” katanya.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, bahwa pihaknya sudah menangkap 24 orang usai peristiwa bom Polsek Astananyar, Bandung. Sebanyak enam orang ditangkap dari wilayah Jawa Barat, tujuh orang dari wilayah Jawa Tengah, dan 11 orang dari wilayah Sumatera Utara.

"Kami sudah melakukan kegiatan pengamanan dan pengembangan," kata Sigit dalam konferensi pers usai rapat terbatas persiapan natal dan tahun baru 2023 bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin, 19 Desember 2022.