Puluhan Kendaraan Terjebak Longsor di Tinggimoncong Kabupaten Gowa Sulsel

ERA.id - Diperkirakan 30 kendaraan terjebak longsor yang terjadi di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Para pengendara itu tidak bisa menuju ke Kota Makkasar dan mereka terpaksa harus menginap di jalanan. 

Dari pengakuan salah satu pengendara, Fachri Fauzan kepada ERA, ia mengatakan dari siang kemarin dirinya masih terjebak akibat tanah longsor. 

Bahkan semakin banyak kendaraan yang datang dan terpaksa harus bermalam di dalam kendaraan masing-masing. 

"Sudah mau 22 jam kami disini. Yang punya mobil enak bisa tidur di mobilnya. Kalau pengendara motor ada yang terjaga sampai sekarang ada juga yang tidur di masjid," katanya, Minggu (25/12/2022).

Sementara itu, Rusdi seorang pengantar pupuk merasa rugi dengan lamanya pembersihan tanah longsor yang mengakibatkan puluhan kendaraan bermalam di jalanan.

"Saya ini mau mengantar pupuk ke Makassar, karena jalan terpotong akibat ini (tanah longsor) otomatis pelanggan saya membatalkan orderannya. Karena sudah terlalu lama menunggu. Tolonglah Pemerintah Gowa cepat selesaikan ini jalan," ucap Rusdi.

Dirinya juga mengakui jika saat ini jalanan masih terhalang oleh tanah yang longsor. Bahkan tim pertolongan belum terlihat sama sekali.

Diketahui, tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa dikarenakan hujan deras dengan intensitas tinggi beberapa hari ini di Sulawesi Selatan. Bahkan, bencana ini memakan tiga korban. Jenazahnya tertimbun tanah.

"Hujan deras membuat sungai meluap dan tanah di perbukitan menjadi longsor. Informasi tiga korban hilang karena longsor," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gowa, Ikhsan Parawansa, Sabtu (24/12/2022) kemarin.