Mengapa Orang Bisa Muntah dan Apakah Pertanda Adanya Penyakit Serius?

ERA.id - Jika tanpa ada sebab dan akibat, mengapa orang bisa muntah? Apakah hal tersebut adanya tanda dari gangguan kesehatan dan penyakit serius yang belum diketahui? Atau muntah adalah hal biasa?

Dilansir dari laman NHS inform, muntah adalah cara tubuh untuk membersihkan zat-zat berbahaya dari perut, atau mungkin merupakan reaksi terhadap sesuatu yang telah mengiritasi usus.

Mengapa Orang Bisa Muntah?

Mual dan muntah pada orang dewasa biasanya bukan pertanda sesuatu yang serius dan cenderung hanya berlangsung 1 atau 2 hari.

Salah satu penyebab paling umum muntah pada orang dewasa adalah gastroenteritis. Ini adalah infeksi usus yang biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus, yang biasanya akan membaik dalam beberapa hari.

Namun, muntah kadang-kadang bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius, seperti radang usus buntu, jadi jika Anda merasa sangat tidak enak badan atau khawatir tentang muntah maka hubungi dokter umum Anda.

Mual dan muntah pertanda apa?

  1. Gastroenteritis

Jika Anda mengalami diare dan juga muntah, kemungkinan Anda menderita gastroenteritis. Ini adalah salah satu penyebab paling umum muntah pada orang dewasa.

Gastroenteritis sering kali disebabkan oleh virus yang didapat dari seseorang yang sakit, seperti norovirus, atau keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri yang ditemukan dalam makanan yang terkontaminasi.

Sistem kekebalan tubuh Anda biasanya akan melawan infeksi setelah beberapa hari dan tindakan perawatan diri yang dijelaskan di atas dapat membantu sementara itu.

  1. Kehamilan

    Mual dan muntah pada wanita bisa jadi tanda kehamilan (Freepik)

Wanita hamil biasanya mengalami episode berulang mual dan muntah, terutama selama tahap awal kehamilan. Hal ini sering disebut "morning sickness", meskipun dapat terjadi sepanjang hari.

Dalam kebanyakan kasus, morning sickness akan berkembang di beberapa titik selama 3 bulan pertama kehamilan dan akan berlalu sekitar minggu ke 16-20.

  1. Migrain

Jika Anda mengalami episode muntah berulang disertai sakit kepala yang hebat dan berdenyut-denyut yang berlangsung selama beberapa jam hingga berhari-hari pada suatu waktu, Anda mungkin mengalami migrain.

Obat penghilang rasa sakit konvensional, seperti parasetamol dan ibuprofen, kadang-kadang dapat membantu mengendalikan rasa sakit dan dokter umum Anda dapat meresepkan obat anti-sakit untuk membantu mencegah muntah.

  1. Labirinitis

Jika muntah Anda disertai dengan pusing dan perasaan berputar (vertigo), mungkin disebabkan oleh infeksi telinga bagian dalam yang disebut labirinitis. Labirinitis biasanya akan membaik selama beberapa hari, dan dokter umum Anda dapat meresepkan obat untuk mengurangi gejala Anda jika perlu.

  1. Mabuk perjalanan

    Muntah bisa karena mabuk perjalanan (Freepik)

Mual dan muntah yang terkait dengan perjalanan bisa menjadi tanda mabuk perjalanan.

Gejala-gejala ini kadang-kadang dapat diperbaiki dengan menggunakan teknik seperti mengarahkan mata Anda ke cakrawala atau mengalihkan perhatian Anda dengan mendengarkan musik, meskipun obat untuk mencegah dan mengobati mabuk perjalanan juga tersedia.

  1. Radang usus buntu

Selain muntah-muntah, radang usus buntu dapat menyebabkan rasa sakit yang parah di perut Anda. Anda harus menelepon ambulans jika Anda mengalami rasa sakit yang tiba-tiba menjadi lebih buruk dan menyebar ke seluruh perut Anda. Hal tersebut adalah tanda-tanda bahwa usus buntu Anda mungkin telah pecah.

Jika Anda menderita radang usus buntu, Anda seringkali memerlukan pembedahan untuk mengangkat usus buntu Anda.

Selain mengapa orang bisa muntah, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman