Kesemutan di Telapak Tangan dan Jari yang Harus Anda Ketahui

ERA.id - Anda mungkin pernah mengalami kesemutan pada tangan. Gejala kesemutan di telapak tangan dan jari bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena adanya penyakit serius yang belum terdeteksi. Namun, kesemutan juga bisa diakibatkan peredaran darah yang kurang lancar.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati jika kesemutan diikuti rasa gatal, mati rasa, sakit, dan otot yang mengecil. Sebab, gejala-gejala tersebut merupakan pertanda dari gangguan penyakit tertentu. Contohnya infeksi bakteri, kerusakan saraf, dan bahkan diabetes.

Penyebab Kesemutan di Telapak Tangan dan Jari

Tentunya penting untuk memahami penyebab kesemutan di telapan tangan dan jari. Dengan memahami penyebabnya, Anda dapat menerapkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Tentu akan lebih baik lagi jika Anda mengenali gejalanya lebih dini.

Ilustrasi kesemutan di telapak tangan dan jari (Pixabay)

Di bawah ini adalah beberapa penyebab umum tangan yang mengalami kesemutan:

Stroke

Meski hanya kemungkinan kecil, stroke juga bisa jadi penyebab tangan kesemutan, hingga mati rasa. Tanda lain yang bisa dilihat adalah kesulitan untuk berbicara atau memahami obrolan orang lain, pusing secara tiba-tiba, ataupun kehilangan keseimbangan.

Selain itu, gejala lain yang dapat dilihat adalah sakit kepala yang parah dan permasalahan pada salah satu atau kedua mata.

Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid pada leher sejatinya memiliki fungsi untuk menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Tiroid yang kurang aktif atau hipotiroidisme dapat terjadi ketika tiroid memproduksi hormon terlalu sedikit.

Saraf Kejepit

Saraf kejepit dapat mengakibatkan kesemutan pada leher, punggung, tangan, hingga kaki. Biasanya, kondisi ini terjadi karena seseorang mengalami cedera, postur tubuh yang kurang baik, hingga radang sendi.

Selain tangan kesemutan, cedera dapat mengakibatkan gangguan saraf dan menimbulkan rasa nyeri pada penderitanya.

Diabetes

Pengidap diabetes kebanyakan sering mengalami kondisi tangan kesemutan. Pada seseorang yang menderita diabetes, kesemutan biasanya terasa di kaki dan kemudian naik ke tangan. Hal ini dikarenakan pengidap diabetes rentan mengalami kerusakan saraf yang ringan hingga parah.

Penyakit Carpal Tunnel

Penyakit carpal tunnel merupakan penyakit yang terjadi karena seseorang melakukan gerakan atau getaran yang berulang sehingga saraf di pergelangan tangan menjadi tertekan. Ini juga dapat menjadi penyebab tangan kesemutan.

Selain itu, gerakan yang berulang tersebut dapat mengakibatkan jaringan di sekitar saraf tangan membengkak dan menekan saraf. Sehingga, tekanan tersebut dapat menyebabkan kesemutan dengan gejala mati rasa, terasa sakit, dan kekuatan salah satu tangan menjadi berkurang.

Vaskulitis

Vaskulitis adalah peradangan pada pembuluh darah yang mengakibatkan perubahan pada dinding pembuluh darah. Perubahan ini dapat menyebabkan gangguan pada aliran darah dan memicu berbagai gejala, salah satunya adalah kesemutan.

Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis tumbuh secara perlahan. Pada umumnya, gejala muncul ketika penyakit sudah ada pada tahap yang parah. Penyakit ini juga dapat menjadi penyebab tangan kesemutan.

Terutama, pada pengidap ginjal kronis, pada umumnya kesemutan dengan gejala lainnya. Misalnya penurunan berat badan, muntah, anemia, mual, dan nyeri otot.

Serangan Jantung

Ketika Anda tiba-tiba mengalami kesemutan pada area tangan, sebaiknya waspada. Kondisi ini dapat menjadi pertanda dari serangan jantung. Penyumbatan pada pembuluh darah menjadikan aliran darah menuju jantung menjadi terhambat sehingga menimbulkan rasa kesemutan serta nyeri dada. Tidak jarang, kondisi ini juga mengakibatkan mati rasa pada salah satu bagian tangan.

Demikianlah ulasan tentang kesemutan di telapak tangan dan jari, semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…