Cara Mengecek Paru-paru Sehat Secara Mandiri, Lakukan Hal Berikut!

ERA.id - Seperti yang kita tahu bahwa organ-organ yang ada di tubuh harus selalu dijaga. Salah satunya organ yang juga perlu dijaga kesehatannya adalah paru-paru. Paru-paru berfungsi sebagai organ yang bekerja mensirkulasi oksigen dari udara yang dihirup agar membuat kita bernapas dengan baik. Selain berfungsi untuk pernapasan kita, paru-paru juga dapat menurunkan aliran oksigen ke seluruh organ. Lantas bagaimana cara mengecek paru-paru sehat?

Untuk itu, kamu juga perlu mengetahui apa saja ciri-ciri paru-paru yang sehat. Paru-paru yang sehat adalah yang dapat menarik napas panjang karena masih bisa untuk menampung udara banyak.

Ilustrasi paru-paru dalam rontgen (Foto: Pixabay)

Dokter Spesialis Paru Faisal Yunus pernah berbagi tips mudah mendeteksi kesehatan paru dalam diskusi daring pada tahun 2021. Menurut Faisal, pada dasarnya fungsi paru adalah mengambil oksigen di udara untuk proses metabolisme yang menghasilkan tenaga.

Berikut cara mudah mengecek paru-paru sehat secara mandiri:

Uji jalan enam menit

Uji jalan enam menit ini adalah metode yang paling sederhana dan dapat diterapkan di rumah. Caranya, berjalan selama enam menit lalu ukur jarak yang sudah dilewati. Kemudian perhatikan pedoman berikut:

- Dalam enam menit, seorang remaja mampu berjalan sejauh 300 sampai 500 meter

- Dalam enam menit, seorang dewasa muda mampu berjalan sejauh 400 sampai 600 meter

- Dalam enam menit, seorang dewasa tua mampu berjalan sejauh 300 sampai 500 meter

- Dalam enam menit, seorang tua mampu berjalan sejauh 200 sampai 300 meter.

Mengukur saturasi oksigen

Gunakan oximeter guna mengetahui kadar oksigen dalam tubuh. Jika angka pada oximeter menunjukkan 95-98 persen, maka oksigen dalam tubuh termasuk normal. Apabila di bawah 95 persen, maka ada persoalan.

"Saturasi oksigen pada pasien Covid-19 di unit gawat darurat rumah sakit umumnya turun ke angka 70 sampai 80 persen," kata Faisal. Oleh karena itu, pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri harus mengecek kadar oksigen dalam darah secara rutin. Apabila sudah di bawah nomor, maka harus segera dilarikan ke rumah sakit.

Meniup lilin atau korek api yang menyala

Kebiasaan meniup lilin yang menyala saat ulang tahun ternyata merupakan salah satu metode untuk mengetahui apakah paru-paru dalam keadaan sehat atau tidak. Caranya, taruh lilin atau korek api yang menyala sejauh 30 sentimeter dari mulut, lalu tiup.

Dr. Faisal menjelaskan, penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronis atau PPOK tak akan mampu mematikan api yang menyala dengan jarak sejauh itu. Sementara orang yang kondisi paru-parunya masih bagus dapat melakukannya. Lakukan observasi lebih lanjut jika kamu tidak bisa melakukannya.

Metode lain untuk mengetahui kerja paru-paru tergolong baik atau bermasalah adalah dengan menggunakan peralatan medis yang dapat memberikan hasil lebih akurat. Di antaranya foto thorax, uji latih jantung-paru dengan sepeda statis atau treadmill dengan berbagai selang detektor yang menempel pada tubuh, spirometri, CT Scan, dan menguji arus puncak ekspirasi.

Demikianlah beberapa cara mengecek paru-paru sehat yang bisa dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…