Mengenal Mobil CBU dan CKD, Simak Kekurangan dan Kelebihannya

ERA.id - Pada umumnya, konsumen akan berpatokan pada model dan harga ketika membeli mobil. Saat membahas masalah harga, salah satu faktor yang diperhatikan yaitu tempat produksi mobil tersebut. Dalam industri otomotif sendiri, kita mengenal mobil CBU dan CKD. CBU adalah Completely Built Up, sedangkan CKD kependekan dari Completely Knock Down.

Seperti namanya, mobil CKD adalah mobil yang dirakit di dalam negeri. Sementara itu, CBU merupakan mobil-mobil yang diimpor dari luar negeri dalam kondisi utuh. Komponen mobil CKD dapat diimpor atau diproduksi sendiri di dalam negeri. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari produksi lokal yaitu harga yang lebih terjangkau karena tidak terkena pajak impor komponen.

Dua jenis mobil ini ternyata memiliki perbedaan mendasar terkait lokasi perakitan mobilnya. Untuk penjelasan lebih lanjutnya, simak ulasan di bawah ini.

Mengenal Mobil CBU dan CKD

Ilustrasi (Pixabay)

Pada umumnya, mobil-mobil yang disebut mobil CKD merupakan mobil yang paling banyak dibeli di pasaran dengan skala besar dalam waktu yang singkat untuk didistribusikan kepada konsumen sesegera mungkin.  

Sementara itu, mobil CBU (Completely Built Up) merupakan mobil yang diproduksi di negara tempat mobil tersebut berasal. Jenis mobil CBU pada umumnya adalah mobil-mobil yang mempunyai spesifikasi berbeda atau mobil yang khusus karena pada momen tertentu diproduksi oleh pabrikan.

Kekurangan dan Kelebihan Mobil CBU dan CKD

Tentunya tidak banyak orang yang tahu perbedaan mobil CBU dan CKD jika hanya ditinjau dari tampilan luarnya saja. Namun, ternyata mobil CBU dan CKD mempunyai perbedaan yang signifikan. Berikut kekurangan dan kelebihan dari dua jenis mobil ini.

Kelemahan mobil CKD

Jika dibandingkan dengan mobil CBU, tentu ada perbedaan yang signifikan. Mulai dari harga, kualitas sampai fitur yang diberikan. Mobil CBU sangat mengutamakan detail kualitas, sementara itu, mobil CKD lebih mengutamakan jumlah dan waktu cepat dalam produksinya. Namun, meskipun demikian, mobil CKD tidak dapat dikatakan buruk, karena memang kualitas, segi performa hingga kualitas material pembuatan mobil CBU memang ada di atas standar mobil CKD.

Kelebihan mobil CKD

Adapun kelebihan mobil CKD adalah sebagai berikut:

  • Mobil CKD ramah perawatan

Karena mobil CKD diproduksi dalam skala besar, tentunya komponen mobil dari mesin hingga part lainnya akan sangat mudah didapatkan. Produsen mobil pun sudah dapat dipastikan akan menghasilkan spare-part mobil untuk memenuhi kebutuhan maintenance mobil-mobil yang dipasarkan.

  • Harga mobil CKD lebih murah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, karena mobil CKD diproduksi di dalam negeri, harga mobil CKD sudah pasti lebih murah daripada mobil CBU. Hal itu disebabkan bagian-bagian mobil tersebut dikirim secara terpisah sehingga akan memangkas biaya pajak/cukai saat masuk ke Indonesia.

  • Spare-part mobil CKD lebih mudah didapat

ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) mempunyai kewenangan dalam menghasilkan spare-part dari mobil-mobil yang dirakit dan dipasarkan. Oleh sebab itu, sudah dapat dipastikan Anda akan dengan mudah mendapatkan komponen mobil yang dibutuhkan untuk diperbaiki atau sekadar diganti.

Kelebihan mobil CBU

Mobil CKD sendiri diproduksi dengan masif dan cepat, sehingga untuk menekan cost saat pembuatan, banyak fitur yang dikurangi oleh produsen. Oleh sebab itu, mobil CBU umumnya mempunyai fitur-fitur canggih yang tidak ada pada mobil CKD. Namun, hal itu juga sebanding dengan harga mobil CBU tersebut.

  • Performa mobil CBU

Mengenai performa, tentunya mobil CBU memiliki modifikasi komponen yang berbeda daripada mobil CKD. Oleh sebab itu, biasaya mobil-mobil CBU memiliki tenaga dan spesifikasi yang fantastis.

  • Harga mobil CBU

Konsekuensi dari memiliki mobil CBU adalah pengirimannya langsung dari produsen asal dalam kondisi yang utuh sehingga memiliki pajak yang lebih tinggi daripada mengirim dengan part terpisah, terlebih jika mobil tersebut adalah jenis sedan. Di Indonesia sendiri, mobil sedan sudah dilabeli sebagai barang mewah, sehingga memiliki pajak yang lebih tinggi daripada mobil jenis lainnya.

  • Mobil CBU Memiliki Harga jual tinggi

Karena diproduksi dalam jumlah yang terbatas, mobil CBU umumnya diberi harga yang fantastis. Namun, ketika mobil CBU akan dijual kembali, harga yang dipasarkan tentunya akan relatif stabil.

Demikianlah ulasan mengenai dua jenis mobil ini, setelah membaca penjelasan di atas, tentunya Anda kini sudah mengenal mobil CBU dan CKD dengan lebih detail. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…