Santap Hidangan Hajatan, Lansia di Lembang Bandung Barat Meninggal Keracunan

ERA.id - Kasus keracunan massal di Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menelan korban jiwa. Seorang warga dilaporkan meninggal pada Rabu (1/3/2023).

Warga yang diketahui meninggal usai menyantap makanan di acara hajatan bernama Tarmah Tarmanah (71), warga RT 01/05, Desa Wangunsari. Lansia itu dilaporkan meninggal sekitar pukul 07.58 WIB.

"Salah satu warga kami yang terdampak keracunan usia 71 telah meninggal dunia," kata Kepala Desa Wangunsari, Diki Rohani saat dihubungi.

Dirinya mengungkapkan, setelah merasakan berbagai gejala usai menyantap hidangan di acara hajatan yang bersangkutan sempat sulit untuk dibawa ke rumah sakit.

Setelah dibujuk, Tarmah akhirnya bersedia dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan pada Selasa (28/2/2023) sore. Namun dia memaksa dipulangkan, hingga akhirnya meninggal dunia pagi ini.

Diki mengatakan, korban sendiri memiliki penyakit bawaan yakni darah tinggi atau hypertensi dan kerap dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. "Beberapa kali ke rumah sakit ada darah tinggi," ucap Diki.

Dia mengungkapkan yang bersangkutan memang sebelumnya tidak hadir langsung dalam acara hajatan yang digelar pada Minggu (26/2/2023). Namun menyantap makanan yang diantarkan ke rumahnya.

"Dapat katanya dianterin (hidangan hajatan). Sop rolade, beef steak," ujarnya.

Diki melanjutkan kekinian sudah ada 217 warganya yang terdampak keracunan makanan acara hajatan. Mayoritas sudah berada di rumahnya masing-masing, dan masih ada yang dirawat di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.