Ternyata Selebgram Ajudan Pribadi Tipu Temannya Sendiri yang Tergiur Mobil Murah

ERA.id - Polisi mengungkap kasus penipuan yang dilakukan Muhammad Akbar atau selebgram Ajudan Pribadi. Adapun korbannya adalah AL (39), yang juga teman Ajudan Pribadi sendiri.

"Pelaku dan korban ada hubungan pertemanan," kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Muhammad Syahduddi saat konferensi pers di kantornya, Rabu (15/3/2023).

Syahduddi menerangkan Ajudan Pribadi menipu dengan menawarkan mobil Toyota Land Cruiser tahun 2019 seharga Rp400 juta dan Mercedes Benz tahun 2021 senilai Rp950 juta ke AL pada 2 Desember 2021.

Korban pun tertarik dan membayar dua unit kendaraan itu karena harganya 'miring'. "Bahasanya mengenal makanya ditawarin. Ditanya 'kok murah?'. Dibilang (Ajudan Pribadi) 'iya murah nih tapi surat lengkap'. Karena (korban) tertarik ditransfer lah uang," ucap Syahduddi.

Namun, mobil yang ditawarkan Ajudan Pribadi tak kunjung tiba. Tak terima ditipu, AL melapor ke polisi. Penelusuran pun dilakukan dan selebgram ini ditangkap di kawasan Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Syahduddi menerangkan mobil yang ditawarkan Ajudan Pribadi tak pernah ada atau fiktif. Sebab perbuatannya, selebgram ini ditetapkan menjadi tersangka dan dijerat Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

"Setelah dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka dan setelah selesai pemeriksaan dilakukan penahanan terhadap tersangka," ujar Syahduddi.