Riwayat Penyakit Nani Wijaya Sebelum Tutup Usia, Sempat Alami Demensia

ERA.id - Kabar duka kembali datang dari dunia entertainment Indonesia. Aktris senior Nani Wijaya tutup usia pada Kamis, 16 Maret 2023 pukul 03.28 WIB di Rumah Sakit Fatmawati. Ia wafat pada usia 79 tahun. Ada beberapa riwayat penyakit Nani Wijaya sebelum artis senior ini meninggal dunia.

Kabar ini diinfokan oleh anak Nani Wijaya, artis Cahya Kamila, lewat unggahan di akun Instagramnya yang sudah terverifikasi. Cahya juga memohon kepada masyarakat agar kesalahan almarhumah selama hidupnya dimaafkan.

Nani Wijaya bersama pemeran sitkom Bajaj Bajuri (Instagram @fanny_fafillah06)

"INNALILLAHIWINAILAIHIROJIUN Telah bepulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani Widjaya," demikian tulisnya.

Sebelum tutup usia, Nanti Wijaya memang pernah jatuh sakit. Tubuhnya merasakan sejumlah gangguan kesehatan sehingga harus menerima perawatan intensif di rumah sakit.

Adapun pada awal Maret 2023, Nani Wijaya sempat merasakan gejala sesak napas. Hal ini diungkapkan oleh anak Nani Wijaya lainnya bernama Nina Kartika.

"Masih sadar (saat dibawa ke rumah sakit), tapi kesulitan bernapas. Agak sedikit seperti mengigau. Jadi kami bawa karena pertimbangannya sulit bernafas," ujar Nina Kartika saat itu.

Nani Wijaya Mengidap Demensia

Kartika menyebutkan, daya ingat sang ibu juga mengalami penurunan. Bintang serial Bajaj Bajuri itu mengidap demensia sehingga tak bisa lagi mengenali anak-anaknya.

"Iya sudah tidak bisa mengingat, kalau suara kayaknya ingat tapi kalau nama enggak ingat. Dia bisa bedain suara aja kalau saya yang masuk, ibu ada gerakan," kata Nina dikutip dari YouTube SCTV.

Nani Wijaya Mempunyai Riwayat Sakit Stroke

Sebelumnya, Nani Wijaya juga sempat menderita stroke hingga menjadikan aktivitasnya terbatas. Nani pun mendapatkan luka di bagian atas tulang ekor karena terlalu sering berbaring. Kondisi inilah yang menjadi pemicu komplikasi yang ia alami.

"Ada luka di atas tulang ekornya, sehingga menimbulkan infeksi yang jadi komplikasi ke ginjal dan leukositnya tinggi," jelas Nina Kartika.

Profil Singkat Nani Wijaya

Nani Wijaya adalah aktris senior yang lahir pada 10 November 1944. Perannya diingat banyak masyarakat, karena merupakan peran yang paling ikonik, yaitu saat memainkan karakter Emak dalam sitkom Bajaj Bajuri.

Pada sitkom tersebut, Nani Wijaya beradu peran dengan Mat Solar dan juga Rieke Dyah Pitaloka.

Selama berkarier, berkat totalitas aktingnya, Nani Wijaya mendapat penghargaan sebagai Aktris Pembantu Terbaik Festival Film Indonesia dalam film “Yang Muda Yang Bercinta” pada tahun 1978. Anugrah tersebut menjadi penghargaan pertamanya pada usia 34 tahun.

Dalam periode tersebut, antara tahun 1960 hingga 1980 menjadi masa kejayaan Nani Wijaya dalam dunia layar lebar. Ia selalu ambil peran dalam  film-film baru setiap tahunnya. Bahkan pada tahun 2005, ia kembali menerima penghargaan sebagai Aktris Pembantu Sinetron Terpuji Festival Film Bandung untuk “Bajaj Bajuri”.

Adapun untuk film layar lebar terbaru di era milenia yang pernah diperankannya, yaitu “Maling Kutang” (2009), “Ummi Aminah” (2012), dan “Mama Cake” (2012). Namanya pun tercatat dalam deretan Nominasi Aktris Pemeran Utama Piala Maya 2012 dalam film “Ummi Aminah”.

Demikianlah riwayat penyakit Nani Wijaya, aktris senior dengan banyak karyanya yang kini tutup usia.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…