Lebaran Kurang dari Sebulan, Inilah Lokasi dan Jadwal Penukaran Uang Baru di Jakarta serta Wilayah Lain

ERA.id - Kita telah memasuki bulan Ramadan 1444 H, berarti kurang dari satu bulan lagi kita bertemu Idulfitri 1444 H. Salah satu kebiasaan menarik saat Idulfitri adalah bagi-bagi uang kepada anggota keluarga yang lebih muda. Terkait hal tersebut, lokasi dan jadwal penukaran uang baru di Jakarta perlu Anda ketahui.

Itu karena uang baru lebih menarik dijadikan pemberian dibandingkan uang lama yang sudah lusuh dan lemas saat dipegang. Menyikapi permintaan masyarakat yang tinggi, Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan perbankan untuk menyediakan layanan penukaran uang di 5.066 titik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut dilakukan pada 27 Maret 2023 hingga 20 April 2023.

Lokasi dan Jadwal Penukaran Uang Baru di Jakarta

Dikutip Era.id dari situs resmi Bank Indonesia, BI telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp195 triliun. Nilai ini naik 8,22% dibandingkan realisasi tahun 2022. Jumlah titik layanan penukaran uang juga mengalami peningkatan, yaitu bertambah 377 titik menjadi 5.066 titik di bank di seluruh Indonesia.

Seorang perempuan memegang uang baru beberapa pecahan (antaranews)

Peningkatan dilakukan dengan beberapa pertimbangan, yaitu pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang membaik, dan peningkatan mobilisasi masyarakat. Selain itu, BI telah mengajak masyarakat mengoptimalkan transaksi nontunai demi mendukung ekonomi dan keuangan digital.

Di luar 5.066 titik layanan, BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang di beberapa tempat pada 27 Maret 2023 hingga 19 April 2023. Tempat-tempat tersebut adalah kas keliling di pusat keramaian (pasar, terminal, dan stasiun) dan kas keliling susur sungai yang bekerja sama dengan perbankan (khusus Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah).

Sementara, khusus wilayah DKI Jakarta, BI bekerja sama dengan 16 bank wilayah DKI Jakarta melakukan layanan kas keliling bersama pada 3—14 April 2023. Beberapa tempat yang akan dijadikan kas keliling pada tanggal tersebut adalah Masjid Hasyim Asya'ri, Masjid Istiqlal, Masji At Tin, Masjis Islamic Center, dan Masjid Al Azhar.

Sementara, pada 27 Maret—20 April 2023 kas keliling akan hadir di beberapa pasar, yaitu Pasar Kopro, Pasar Pramuka, Pasar Rawa Bening, Pasar Slipi, Pasar Koja, dan Pasar Tebet. Kemudian, pada 8—9 April 2023 kas keliling diadakan di Parkir Timur Gelora Bung Karno. Jika ingin menggunakan layanan kas keliling, masyarakat perlu memesan penukaran melalui aplikasi PINTAR terlebih dahulu​.

Layanan penukaran uang juga akan dibuka di jalur mudik. BI melakukan penambahan lokasi layanan melalui Program BI Peduli Mudik pada 15—19 April 2023 di beberapa titik, yaitu Rest Area Jalan Tol di Jawa, Lampung, Palembang. Lokasi penukaran juga dibuka di alur penyeberangan, yaitu di Pelabuhan Merak, Pelabuhan Bakauheuni, Pelabuhan Ketapang, dan Pelabuhan Gilimanuk. Berbeda dengan kas keliling, penukaran uang baru di jalur mudik tidak membutuhkan pemesanan melalui aplikasi PINTAR.

Berbagai program dan layanan penukaran uang tersebut merupakan bagian dari SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri) 2023. Program ini diluncurkan Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman. Dalam peluncuran tersebut, Aida juga mengajak masyarakat untuk “Cinta, Bangga, Paham Rupiah".

Implementasi Cinta adalah merawat uang rupiah. Bangga maksudnya adalah bangga menggunakan uang rupiah, sedangkan Paham maksudnya adalah menggunakan uang rupiah secara bijak. Selain itu, BI mendorong masyarakat mengoptimalkan transaksi pembayaran nontunai.