Viral Bak Truk Sampah di Makassar Nyaris Jatuh di Jalanan, Pemkot: Segera Diperbaiki

ERA.id - Sebuah truk sampah terekam saat mengaspal di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Baknya miring ke kiri dan itu bisa membahayakan pengguna jalan lain.

Dalam video yang dilihat ERA pada Senin (10/4/2023), truk yang memuat banyak sampah itu berjalan perlahan hingga membuat pengendara yang melintas menoleh kepada truk itu.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Ferdy Mochtar telah menginstruksikan jajarannya untuk menangani truk tersebut.  

“Sudah disetop (dihentikan untuk beroperasi) itu dan segera dilakukan perbaikan untuk baknya dan lainnya. Saya sudah koordinasi juga dengan pak camatnya, itu di (Kecamatan) Biringkanaya itu mobil sampahnya,” kata Ferdy kepada ERA saat dikonfirmasi, Senin siang.

Mobil sampah itu sudah ditarik untuk diperbaiki. Ferdy mengungkapkan, ada sejumlah armada truk sampah yang kondisinya cukup memperihantinkan. Selain kondisi mobil truk yang videonya viral.

“Ada beberapa itu armada di kecamatan sudah rusak dan kita minta untuk segera diperbaiki,” ungkapnya.

DLH berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk memperbaiki truk yang bermasalah dan tidak dioperasikan sementara. Sebagai gantinya, truk khusus pengangkut sampah Pemkot Makassar ‘Tangkasaki’ dioperasikan di beberapa kecamatan sembari menunggu truk lain normal.

Ferdy menyebut, pihaknya sudah punya 20 unit armada khusus Tangkasaki yang beroperasi sejak pengadaan di tahun 2022 lalu. Tahun 2023 ini, DLH menambah jumlah armada. “Ada lagi pengadaannya 12 unit untuk yang (jenis) Smart Tangkasaki yang pakai (sistem) hidrolik,” ujar Ferdy.