Jelang Sidang Dakwaan, Novanto Sakit?

Jakarta, era.id – Tersangka kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP, Setya Novanto, akan menghadapi sidang dakwaan perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017) besok.

Namun, menurut kuasa hukum Novanto, Firman Wijaya, kondisi kesehatan Novanto sedang tidak stabil. 

"Kami berharap beliau tetap fit. Tapi terakhir saya ketemu kondisi (Setya Novanto) tidak selalu fit," ungkap Firman, saat ditemui di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Firman berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memerhatikan kondisi kesehatan Novanto. Selain itu, Firman tidak dapat memastikan apakah Novanto akan hadir pada persidangan besok. 

“Kami tidak bisa menduga-duga. Kami serahkan pada otoritas berwenang dalam hal ini dokter. Sebenarnya kan ada track record tentang kesehatan beliau. Toh, beliau tidak ke mana-mana. Kenapa sih harus paksa-paksa orang sakit untuk hadir dalam pemeriksaan? Tentu hal semacam ini tidak higienis dalam persidangan," ucap Firman.

Adapun Novanto memiliki riwayat mengidap beberapa penyakit, yaitu vertigo, jantung, dan gula darah. 

Novanto juga sempat dirawat akibat mengalami kecelakaan di Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan, dan kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, sebelum akhirnya ditahan KPK.

Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan persidangan Novanto akan berlangsung seperti sidang perkara tipikor lainnya. Dia berharap Novanto hadir dan kooperatif karena menurutnya kondisi Ketua Umum Partai Golkar itu sehat.

“Persidangan akan mulai sewajarnya dan tentu akan lebih baik jika (Novanto) kooperatif,” ucap Febri.

Tag: