KPK: Sejauh Ini Novanto Sehat

Jakarta, era.id - Setya Novanto dipastikan bakal menjalani sidang dakwan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) besok. Namun, kondisi kesehatan tersangka kasus korupsi proyek e-KTP itu dikabarkan sedang tidak stabil.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah memasatikan, jadwal sidang perkara korupsi yang merugikan keuangan negara Rp2,3 triluin itu tidak akan berubah. KPK yakin, Novanto dalam kondisi prima untuk menjalani sidang perdana.

"Besok sudah diagendakan sidangnya (pokok perkara) dan kita harap, kita percaya kondisi besok di persidangan akan dimulai sewajarnya saja, sama di persidangan-persidangan yang lain. (Setya Novanto) sejauh ini sehat," ungkapnya di Hotel Bidakara, Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada Selasa (12/12).

Pimpinan KPK Basaria Panjaitan juga menilai Setya Novanto siap menjalankan sidang perdana besok. "Harusnya dia (Setya Novanto) sampai saat ini siap ya, karena yang bersangkutan sehat. Kalau tidak sehat kan harus kontrol," ungkap Basaria di tempat yang sama.

Sebelumnya, kuasa hukum Novanto, Firman Wijaya menyebut bahwa kesehatan kliennya tidak stabil. Bahkan, bisa dikatakan Novanto sedang sakit. Sebab itu, tidak menutup kemungkinan sidang perdana terpaksa ditunda. 

"Kita tidak bisa menduga-duga. Kita serahkan pada otoritas berwenang dalam hal ini dokter. Sebenarnya kan ada track record tentang kesehatan beliau. Toh, beliau tidak kemana-mana. Kenapa sih harus paksa-paksa orang sakit untuk hadir dalam pemeriksaan? Tentu hal semacam ini tidak higienis dalam persidangan," ungkap Firman kepada awak media di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Tag: setya novanto