Aplikasi Cloud Terbaik Tahun 2023 yang Harus Dicoba

ERA.id - Aplikasi cloud atau sering disebut dengan cloud computing merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan mengakses data dan aplikasi melalui internet. Apa saja  aplikasi cloud terbaik?

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa aplikasi cloud terbaik yang dapat membantu pengguna dalam menyimpan, mengelola, dan mengakses data dan aplikasi mereka.

Dilansir dari PC Mag, berikut ini beberapa aplikasi cloud memiliki fitur dan fungsionalitas yang lebih baik daripada yang lain.

  1. OneDrive

OneDrive adalah opsi penyimpanan dan sinkronisasi yang bagus untuk siapa saja. Aplikasi ini bekerja pada semua perangkat utama. Fungsionalitas dan desainnya telah mencapai titik kegunaan dan keandalan yang apik.

Aplikasi ini memiliki biaya yang lebih dari masuk akal karena Anda bisa mendapatkan penyimpanan OneDrive tambahan dengan membayar Microsoft 365, yang mencakup aplikasi perkantoran.

Karena menyediakan pencadangan otomatis untuk dokumen, foto, dan file lainnya di Windows dan mensinkronkan dokumen di aplikasi kantor Microsoft, maka aplikasi ini menjadi  pilihan yang wajar bagi pengguna Windows atau Microsoft 365.

  1. IDrive

IDrive telah lama menawarkan penawaran terbaik untuk sinkronisasi dan penyimpanan online. Aplikasi ini juga memberi Anda ruang paling besar dan tidak ada batasan jumlah perangkat yang Anda instal.

Selain itu, layanan ini juga merupakan layanan yang solid, dengan aplikasi untuk semua platform utama dan banyak fitur. Misalnya, Anda bisa mengatur IDrive untuk mencadangkan file ke hard drive eksternal atau drive jaringan.

Bahkan Idrive juga mendukungan untuk membuat gambar disk lengkap, meskipun terbatas pada versi Windows. Kemampuan pengarsipannya aplikasi ini juga membuat Anda selalu dapat menemukan file, bahkan jika Anda menghapusnya di lokal drive.

  1. Google Drive

Selama bertahun-tahun, Google Drive menjadi lebih mudah digunakan. Gdrive juga selalu menjadi andalan untuk menyimpan file yang Anda buat secara otomatis menggunakan aplikasi kantor berbasis Google Documents.

Google Drive masih menjadi andalan banyak pengguna (unsplash)

Google Drive memiliki kemampuan berbagi file yang kuat, dan Anda mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan gratis daripada kebanyakan pesaingnya yaitu sebesar 15GB (meskipun ruang tersebut digunakan bersama dengan Gmail).

Google Drive adalah pilihan alami tepat siapa saja yang secara teratur bekerja di Google Docs, Spreadsheet, dan aplikasi online lainnya. Hal tersebut lantaran Google Drive terintegrasi dengan banyak aplikasi online pihak ketiga sebagai opsi penyimpanan cloud.

Selain itu, Google Drive juga merupakan pilihan tepat bagi mereka yang mencari layanan penyimpanan dan sinkronisasi online gratis yang besar.

Selain  aplikasi cloud terbaik, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman