Mengenal Apa Itu Beige Flag dalam Sebuah Hubungan dan Contohnya

ERA.id - Dalam beberapa tahun terakhir netizen muda Indonesia mengenal istilah red flag dan green flag. Saat ini, ada lagi istilah yang juga berkaitan dengan hubungan antarmanusia, yaitu beige flag. Apa itu beige flag?

Secara harfiah, arti dari beige flag adalah ‘bendera krem’. Istilah ini kerap merujuk kepada perilaku tertentu dalam sebuah hubungan. Awalnya, beige flag berkaitan dengan hubungan asmara, tetapi kemudian berkembang ke hubungan pekerjaan, pertemanan, dan sebagainya.

Mengenal Apa Itu Beige Flag

Istilah green flag atau ‘bendera hijau’ mengacu pada hubungan yang sehat atau positif. Sementara, red flag atau ‘bendera merah’ mengacu pada hubungan toksik. Setelah kedua istilah ini akrab di telinga netizen muda Indonesia, muncullah istilah beige flag.

Ilustrasi beige flag berupa rakus dalam makan (pexels)

Beige flag atau ‘bendera krem’ merupakan sebutan bagi kondisi hubungan di antara green flag dan red flag. Menurut Urban Dictionary, beige flag merupakan sesuatu yang tidak baik, tetapi juga tidak buruk, tetapi memnbuat Anda berhenti sejenak saat menyadarinya. Bisa dibilang, beige flag mengacu pada hal yang aneh.

Perilaku beige flag memicu orang lain terhenti sejenak untuk memikirkan perilaku tersebut, tetapi kemudian membiarkannya (tidak mempersoalkannya). Dikutip Era.id dari New York Times, beige flag merupakan sifat aneh yang ada dalam sebuah hubungan yang sejatinya bukan alasan untuk putus atau rusaknya sebuah hubungan. Namun, sifat tersebut juga tidak memberikan nilai plus untuk menguatkan suatu hubungan.

Bisa dibilang, beige flag perilaku yang netral, tidak bisa disebut baik maupun buruk. Perilaku ini kerap dinilai aneh dan dipertanyakan oleh orang lain, tetapi tidak mengganggu dan bisa ditoleransi oleh pasangan atau temannya.

Contoh Perilaku Beige Flag

Masing-masing orang punya penilaian atau pandangan tersendiri terhadap suatu perilaku untuk disebut beige flag. Contoh dari hal tersebut adalah  seorang pria yang menganggap kekasihnya punya beige flag berupa kebiasaan makan semua jenis masakan menggunakan sendok, tidak peduli itu membuatnya kesusahan saat makan. Sementara, beberapa kelompok sosial di dunia menilai hal tersebut sebagai sesuatu yang biasa saja.

Dengan kata lain, beige flag seseorang bisa menjadi hal yang biasa saja bagi orang lain. Sementara, orang yang menganggap perilaku tersebut sebagai beige flag melihatnya sebagai hal yang aneh (dan mungkin agak mengganggu).

Beberapa contoh lain dari beige flag adalah selalu sarapan dengan menu yang sama setiap hari (tidak mau sarapan jika berbeda menu), selalu butuh bantal untuk tidur (tidak mau diganti dengan guling atau lainnya), harus merokok untuk buang air besar, dan sebagainya.