Terbukti Langgar Pajak, Fan Bingbing Didenda Rp1 Triliun

Beijing, era,id - Sudah tiga bulan, keberadaan artis paling top di China, Fan Bingbing raib entah ke mana. Tapi denda sebesar Rp1,09 triliun dalam kasus pelanggaran pajak di China sudah menantinya.

Aktris papan atas China itu dikenai denda hampir 500 juta RMB. Uang sebanyak itu harus dibayar aktris berusia 37 tahun yang tinggal di Beijing itu kalau mau terhindar dari hukuman penjara.

Aktris asal Qingdao, Provinsi Shandong, tersebut mangkir dari kewajiban membayar pajak senilai 300 juta RMB (Rp657 juta). Dan kini, sudah lebih dari tiga bulan, keberadaan Fan Bingbing belum juga diketahui.

Agen Fan sampai saat ini masih ditahan oleh kepolisian setempat guna pemeriksaan lebih lanjut, tulis South China Morning Post seperti dikutip Antara, Rabu (3/10/2018). Sejumlah media di China menulis salah satu aktris dengan bayaran termahal versi Forbes itu terakhir kali muncul ke publik pada 1 Juli 2018.

Namun sejak 23 Juli 2018, akun Weibo-nya yang memiliki 62 juta pengikut itu sudah tidak aktif lagi. Lima hari kemudian, koran-koran di daratan Tiongkok memberitakan bahwa Fan dicekal sehingga tidak bisa meninggalkan negaranya.

Bingbing fasih berbahasa Inggris dan memiliki kemampuan dalam berakting, bernyanyi serta modeling. Dia mulai dikenal di China pada tahun 1999 lewat serial TV "My Fair Princess". Namanya melejit lewat film "Cell Phone" tahun 2003. Film tersebut merupakan film dengan penghasilan tertinggi dan Bingbing meraih penghargaan sebagai Aktris Terbaik di Hundred Flowers Awards yang setara dengan China Golden Globes.

Bingbing menang lagi pada tahun 2008 dan mulai mengambil peran utama dan meraih penghargaan dari festival film internasional mulai dari Taiwan, Tokyo dan San Sebastian. Menurut Forbes, tahun 2016 Bingbing memperoleh penghasilan sebesar 17 juta dolar AS (Rp253,2 miliar). Ini membuat Bingbing menjadi aktris dengan bayaran tertinggi kelima di dunia. Tahun berikutnya, dia duduk sebagai juri dalam Festival Film Cannes.

Tag: viral anak nonton porno