Mengapa Kucing Suka Menggosokkan Kepalanya ke Kita? Ternyata Ini Alasannya

ERA.id - Kucing adalah hewan peliharaan yang menggemaskan dan suka dimanja. Mereka suka saat dielus-elus oleh orang yang disukai. Lalu, mengapa kucing suka menggosokkan kepalanya ke kita? Apakah dia sedang minta dielus-elus?

Keinginan dan status emosi kucing bisa diamati dari gerak-gerik yang mereka lakukan. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu maksud dari aktivitas menggosokkan kepala ke kita. Dirangkum Era.id dari Pet Keen, berikut ini penjelasan dari hal tersebut.

Mengapa Kucing Suka Menggosokkan Kepalanya ke Kita?

·         Menandai wilayah

Kucing menggosokkan kepala pada benda untuk mendandai wilayahnya. Kucing punya kelenjar aroma di beberapa bagian tubuhnya, seperti pipi, dahi, dan dagu. Saat mereka menggosokkan kepalanya pada sesuatu, mereka meninggalkan baunya untuk menandai wilayahnya.

Kucing merupakan hewan teritorial. Aroma dijadikan alat untuk menetapkan batasan. Ketika mereka menggosokkan kepala pada dinding kamar, mereka bermaksud berkata pada kucing lain bahwa ruangan ruangan tersebut adalah milik mereka. Ketika kepala digosokkan pada kaki Anda, berarti Anda dianggap sebagai milik mereka.

·         Ikatan dan kasih sayang

Alasan lain kucing menggosok-gosokkan kepalanya pada kita adalah menunjukkan kasih sayang dan ikatan dengan pemiliknya. Saat kucing menggosok-gosokkan kepalanya pada Anda, mereka tidak hanya meninggalkan aromanya, tetapi juga menunjukkan kepada Anda bahwa mereka percaya dan merasa aman di sekitar Anda.

Ini adalah perilaku yang sangat umum dilakukan oleh kucing yang memiliki ikatan erat dengan pemiliknya. Ini juga menjadi cara untuk memperkuat ikatan dengan pemiliknya.

·         Melepas stres dan kecemasan

Kucing termasuk hewan yang sensitif. Mereka mudah cemas dan stres. Saat stres dan kecemasan melanda, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menenangkan diri adalah menggosokkan kepalanya ke sesuatu.

Ini merupakan perilaku yang sangat umum terjadi pada kucing yang sedang dalam masa perubahan lingkungan atau rutinitas. Jika kucing Anda tampak lebih sering menggosokkan kepalanya pada sesuatu (dibandingkan biasanya), bisa jadi mereka sedang stres atau cemas. Anda bisa mencari tahu penyebab dari hal tersebut dan memberikan perhatian dan kenyamanan untuk menenangkannya.

·         Mencari perhatian

Ilustrasi kucing minta perhatian (pexels)

Kucing sangat membutuhkan perhatian dari pemiliknya. Jika kucing menggosokkan kepalanya di tubuh Anda, bisa jadi mereka sedang mencari perhatian atau meminta curahan kasih sayang dari Anda. Mereka juga mungkin sedang mencoba berkomunikasi dengan Anda karena suatu hal, misalnya ingin makan.

Jika perilaku tersebut dilakukan lebih sering dari biasanya, bisa jadi dia sedang kesepian dan merasa diabaikan. Anda bisa meluangkan waktu untuk memanjakan mereka sebelum kembali sibuk dengan aktivitas.

Itulah berbagai alasan mengapa kucing menggosokkan kepalanya ke kita. Semakin dekat Anda dengan kucing, Anda semakin mungkin paham maksud dari tiap perilakunya.