Waktu Terbaik Minum Teh Hijau Ada di Saat-saat Ini, Wajib Simak!

ERA.id - Teh hijau adalah salah satu minuman yang kaya dengan antioksidan dan baik untuk kesehatan. Bagi para pecinta teh, tentunya tahu kapan waktu terbaik minum teh hijau agar bisa meraih manfaat yang maksimal.

Bahan teh hijau sendiri berasal dari Camellia Sinensis, yaitu tanaman yang mengandung banyak antioksidan, kafein, dan asam amino. Camellia sinensis juga memiliki kandungan beberapa vitamin, mineral dan serat.

Antioksidan terpenting dalam teh hijau yaitu katekin yang disebut EGCg dan terkandung dalam jumlah yang banyak. Berbeda dari teh hitam atau oolong, teh hijau tidak melalui tahap oksidasi.

Penelitian menyimpulkan bahwa teh hijau bermanfaat untuk mencegah kanker hingga penyakit kardiovaskular. Teh hijau juga memberikan efek antiinflamasi, antiartritik, antioksidatif, antibakteri, antiangiogenik, antivirus, neuroprotektif, dan penurun kolesterol.

Ilustrasi waktu terbaik minum teh hijau setiap hari (iStockphoto)

Para peneliti melihat manfaat sehat teh hijau bisa diraih dari konsumsinya dalam periode jangka panjang, alih-alih hanya sesekali saja. Selain itu, terdapat waktu-waktu yang direkomendasikan untuk mengonsumsi teh hijau, antara lain:

Pagi dan Malam Hari

Teh hijau merupakan minuman yang bagus untuk dikonsumsi di pagi hari. Teh hijau memiliki kandungan cukup kafein untuk memberi dorongan energi. Berbeda dengan kopi, teh hijau mengandung asam amino L-theanine, yang mencegah kelebihan kafein dan memberi energi sepanjang hari.

Teh hijau juga dapat Anda minum pada malam hari. Beberapa jenis teh hijau mengandung lebih banyak kafein daripada teh hitam. Untuk konsumsi teh hijau di malam hari, Anda perlu memperhatikan jenisnya. Pilihan yang terbaik yaitu jenis teh hijau dari daun yang lebih tua atau yang dipanggang, misalnya kyo bancha, hojicha atau kukicha.

Sebelum dan Sesudah Makan

Untuk merasakan hasil maksimal dari teh hijau, waktu terbaik minum teh hijau bisa juga dilakukan saat kondisi perut kosong. Sebuah studi menunjukkan konsumsi makanan bersamaan dengan minum teh hijau mungkin akan menghambat penyerapan EGCg. Manfaat lain dari minum teh hijau sebelum makan salah satunya adalah membantu mengurangi rasa lapar.

Selain itu, teh hijau juga cocok diminum setelah makan. Cita rasanya dapat mengimbangi rasa manis makanan penutup dengan sempurna. Selain itu, teh hijau adalah minuman populer setelah menyantap sushi karena berguna untuk membersihkan mulut. Anda bisa memilih teh hijau yang lebih ringan seperti Dragon Well untuk makanan non-manis dan teh jenis lain untuk makanan penutup dan makanan yang lebih berat.

Meningkatkan Metabolisme

Teh hijau membantu menyehatkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Walaupun tidak ada pedoman khusus waktu minum teh, waktu tepat minum teh hijau mungkin dapat dilakukan sebelum atau 30-60 menit setelah makan.

Untuk menerima manfaat yang maksimal, para ahli biasanya menyarankan 3-5 cangkir teh hijau per hari, tergantung pada jenis dan jumlah EGCg. Namun, hal yang perlu diwaspadai, minum teh hijau berlebih justru dapat mengakibatkan diare dan gangguan pencernaan.

Teh Hijau untuk Kurangi Berat Badan

Jika Anda minum teh hijau untuk menurunkan berat badan, maka waktu yang tepat minum teh hijau yaitu sebelum berolahraga. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa EGCG dikombinasikan dengan kafein yang dikonsumsi 90 menit sebelum berolahraga akan meningkatkan tingkat oksidasi lemak selama olahraga secara signifikan.

Anda dapat memilih teh hijau dengan jumlah EGCg yang lebih tinggi. Untuk mengekstrak lebih banyak kafein dan EGCg, gunakan air bersuhu tinggi dan waktu seduhan yang lebih lama. EGCg dan kafein mengandung rasa yang pahit tetapi ampuh untuk membantu turunkan berat badan.

Demikianlah penjelasan tentang waktu terbaik minum teh hijau, semoga penjelasan ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…