Apa Itu Breadcrumbing? Waspada Pemberi Harapan Palsu!

ERA.id - Breadcrumbing adalah salah satu fenomena yang semakin umum baru-baru ini dalam dunia modern. Tidak jarang para korbannya tidak mengetahui jika mereka sedang menjadi target. Lantas apa itu breadcrumbing?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang apa itu breadcrumbing, bagaimana pola perilakunya, dan dampaknya terhadap individu yang terlibat.

Apa Itu Breadcrumbing?

Istilah breadcrumbing, sebagaimana dilansir dari Psychology Today, merujuk pada tindakan yang melibatkan pendekatan dan memberi harapan kepada seseorang melalui rayuan atau godaan, namun pada akhirnya mengecewakan individu tersebut dengan memberikan harapan palsu, janji kosong, dan pengabaian.

Fenomena breadcrumbing bisa terjadi dalam berbagai konteks, mulai dari hubungan percintaan, keluarga, persahabatan, hingga lingkungan profesional.

Inti dari breadcrumbing adalah kurangnya konsistensi dan integritas dalam perilaku tersebut. Tindakan breadcrumbing mencakup unsur-unsur narsisme, manipulasi, dan bahkan potensi pelecehan.

Tanda-Tanda Breadcrumbing (unsplash)

Tanda-Tanda Seseorang Melakukan Breadcrumbing

Breadcrumbing merupakan fenomena yang relatif umum terjadi dan dapat terjadi dalam berbagai situasi dan cara. Kadang-kadang sulit untuk membedakan antara minat yang tulus dengan perilaku breadcrumbing.

Dilansir dari Choosing Therapy, Berikut adalah enam tanda-tanda breadcrumbing:

  1. Flirting Tapi Tidak Pernah Bergerak Lebih Jauh

Mereka yang melakukan breadcrumbing menikmati bermain flirt dengan romantis, tetapi ini tidak pernah berkembang lebih dari dialog bolak-balik. Bahkan jika Anda menunggu mereka untuk mengajak Anda berkencan, itu tidak akan terjadi.

Bahkan jika para pelaku menyarankan untuk bertemu atau pergi berkencan, mereka tidak pernah benar-benar mengonfirmasi rencana tersebut.

  1. Mereka Hanya Tertarik pada Seks

Beberapa breadcrumber bersedia menghabiskan waktu dengan Anda. Namun, waktu tersebut hanya untuk memenuhi kebutuhan mereka, dan hal tersebut paling terlihat ketika mereka mencari keintiman fisik. Anda mungkin merasa seperti mereka hanya menghargai Anda untuk seks.

  1. Mereka Selalu Sibuk & Misterius

Si breadcrumber selalu memiliki rencana - atau selalu ada jenis keadaan darurat aneh yang harus mereka atasi. Jadwal mereka yang padat tampaknya membuatnya tidak mungkin untuk menghabiskan waktu bersama. Dan meskipun mereka meminta maaf atas perilaku mereka, tidak ada komitmen untuk mengubah situasi.

  1. Selalu Menggunakan Kalimat yang Kabur

Jika Anda berurusan dengan seseorang yang melakukan breadcrumbing, Anda mungkin menghabiskan banyak waktu mencoba memahami niat mereka. Terkadang, Anda mungkin merasa seperti Anda harus berperan sebagai detektif saat membaca pesan teks mereka. Atau, Anda mungkin mencari dukungan dari orang lain.

  1. Mengirim Pesan yang Bermakna Tidak Konsisten

Breadcrumbers kadang-kadang memang terlihat sangat tertarik, dan mereka mungkin tampak jujur tentang perasaan mereka dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh, "Saya sangat tertarik padamu dan ingin memiliki hubungan denganmu." Namun, tindakan mereka berbeda dari kata-kata mereka. Dan, ketika Anda semakin dekat, mereka cenderung mundur atau berperilaku seolah-olah apa yang mereka katakan bukanlah kebenaran.

  1. Menjadi Lebih Tertarik Ketika Anda Menarik Diri

Si breadcrumber sering menunjukkan perhatian terbanyak saat Anda kehilangan minat. Hal ini karena mereka sekarang harus berusaha mendapatkan perhatian Anda, dan situasi tersebut menjadi tantangan sekali lagi.

Selain , ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman