Minuman Terbaik untuk Pemulihan Otot yang Dapat Anda Konsumsi

ERA.id - Bagi Anda yang gemar berolahraga atau menjalani aktivitas fisik yang berat, mungkin pernah mengalami nyeri otot. Selain membuat tidak nyaman, tentunya nyeri otot akan membuat aktivitas Anda sehari-hari menjadi terhambat. Namun tak perlu khawatir, banyak strategi pemulihan yang dapat membantu mengurangi nyeri otot, meminimalkan kerusakan otot yang disebabkan olahraga, dan mempercepat pemulihan otot, salah satu caranya adalah mengonsumsi beberapa minuman terbaik untuk pemulihan otot.

Simak beberapa daftar minuman tersebut di bawah ini.

Jus semangka dan semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang manis, menghidrasi, dan penuh dengan nutrisi. Makan semangka atau menyeruput jus semangka juga menjadi salah satu cara yang baik untuk membantu pemulihan otot setelah berolahraga atau beraktivitas berat.

Semangka memiliki kandungan asam amino L-sitrulin yang kaya. Selain menjadi bahan pembangun protein, asam amino ini diyakini mempunyai efek antioksidan dan meningkatkan produksi oksida nitrat (NO). NO mampu meningkatkan sirkulasi darah ke otot dan menambah energi sel.

Susu dan produk susu seperti yogurt dan keju cottage kerap kali dimanfaatkan sebagai bahan bakar pasca-olahraga.

Karena memiliki kandungan protein yang tinggi, susu memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk perbaikan otot. Dengan demikian, hal ini dapat mengurangi EIMD.

Jus ceri asam

Mengonsumsi jus ceri asam memberikan manfaat bagi atlet terlatih dan pengunjung gym yang baru memulai. Studi menyimpulkan bahwa jus ceri asam dan ekstrak jus ceri asam dapat membantu pemulihan otot dan mengurangi nyeri otot yang timbul tertunda (DOMS) .

DOMS adalah jenis cedera otot yang disebabkan oleh olahraga yang tidak biasa atau intens. Cedera ini ditandai dengan gejala seperti pembatasan gerakan yang menyakitkan, bengkak, dan kaku.

Selain DOMS, olahraga juga meningkatkan stres oksidatif, kerusakan sel, dan peradangan. Makanan dan minuman kaya antioksidan disebut mampu mengurangi efek samping ini dan mempercepat pemulihan.

Jus ceri asam mengandung banyak senyawa tanaman yang disebut antosianin. Di dalamnya terkandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat, sehingga mampu mengurangi rasa nyeri dan kerusakan otot yang disebabkan olahraga (EIMD).

Jus delima

Jus delima adalah salah satu sumber yang kaya polifenol, yaitu senyawa tanaman yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Oleh sebab itu, mengonsumsi jus delima memberikan manfaat yang penting bagi pemulihan otot.

Kopi

Menyeruput kopi sebelum atau sesudah latihan juga diyakini dapat membantu mengurangi DOMS.

Hal ini dikarenakan kafein yang ditemukan dalam kopi menghambat reseptor adenosin. Adenosin adalah bahan kimia yang dilepaskan setelah seseorang mengalami cedera. Zat inilah yang mengaktifkan reseptor rasa sakit di tubuh.

Ilustrasi kopi (Foto: rahulsankraft/Pixabay)

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 terhadap 9 pria yang biasanya mengonsumsi kafein dalam jumlah rendah menyimpulkan bahwa mengonsumsi kafein 1 jam sebelum latihan tubuh bagian atas yang intens, secara signifikan menurunkan tingkat nyeri otot pada hari ke 2 dan 3 setelah latihan, dibandingkan dengan plasebo.

Demikianlah ulasan mengenai minuman terbaik untuk pemulihan otot. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…