Efek Dry Shampoo untuk Rambut dan Kulit Kepala

ERA.id -Dry shampoo atau sampo kering jadi senjata bagi orang yang ingin tampil segar tanpa keramas. Efek dry shampoo cukup ampuh sehingga rambut bisa bebas dari lepek meski tak keramas.

Seperti namanya, dry shampoo tidak membuat rambut basah layaknya keramas. Dilansir All things hair, ini adalah kombinasi pati (starch) dan alkohol yang bisa menyerap minyak. Dry shampoo membuat kulit kepala dan rambut terasa lebih segar serta ringan seperti habis keramas.

Berbagai Manfaat Dry shampoo

  • Menyerap minyak

Seperti telah disinggung di awal, dry shampoo mampu menyerap minyak di kulit kepala. Formula dry shampoo menyerap sebum yang mungkin telah bercampur dengan keringat. Ini menjadi senjata untuk melawan rambut lepek tanpa keramas.

  • Menambah volume

Rambut terhindar dari lepek karena minyak di kulit kepala telah diserap. Hasilnya, rambut Anda bahkan menjadi lebih berlovume. Tak hanya itu, dry shampoo juga bisa menaikkan akar rambut tanpa perlu disasak.

Anda bisa melakukan penyemprotan dry shampoo pada bagian akar sembari menyisir rambut ke atas. Setelah itu, sisir lagi rambut Anda untuk meratakan semprotan tersebut.

  • Atasi lepek daerah tertentu

Tak jarang, bagian poni lebih lepek dibandingkan bagian yang lain. Hal ini membuat Anda malas untuk keramas. Lepek tanggung ini bisa diatasi dengan baik oleh dry shampoo. Anda cukup menyemprotkannya pada bagian yang lepek.

 Ilustrasi penyemprotan dry shampoo pada bagian tertentu (pexels)
  • Hemat waktu

Keramas tak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Jika Anda perlu berangkat pagi, keramas jadi aktivitas yang menantang, apalagi bagi pemilik rambut panjang. Jika Anda menggunakan dry shampoo, hal tersebut bisa diatasi dengan baik.

  • Mudah ditata

Rambut berminyak sulit digenggam dan dibentuk. Penggunaan dry shampo bisa membuat rambut menjadi sedikit kesat. Hasilnya, Anda akan mendapatkan genggaman yang lebik baik saat menata rambut.

  • Menjaga bentuk rambut

Minyak alami dari akar rambut turun ke batang rambut secara perlahan. Rambut yang telah dibentuk (misalnya dikeritingkan) akan kembali ke bentuk semula jika rambut sedang lepek-lepeknya. Untuk mencegahnya, Anda bisa menyemprotkan dry shampoo pada akar dan menyisirnya untuk menghilangkan minyak pada batang rambut.

  • Efek Samping Dry shampoo

Dry shampoo memang praktis, tetapi kesalahan dalam penggunaan bisa menyebabkan efek samping yang kurang baik. Berikut adalah beberapa efek samping dari dry shampoo.

  • Bukan shampoo

Dry shampoo mampu menyerap minyak di kulit kepala secara instan. Meski demikian, ini bukanlah shampoo sehingga Anda tetap harus keramas untuk mendapatkan efek baik secara penuh.

  • Keramas pembersihan

Dry shampoo termasuk produk styling sehingga Anda perlu keramas saat ingin menghilangkan efeknya. Anda bahkan perlu melakukan keramas dengan maksimal.

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah memijat kulit kepala untuk penetrasi formula shampoo yang lebih baik supaya sisa dry shampoo terangkat. Anda juga bisa menggunakan sisi keramas untuk mendapatkan efek bersih yang maksimal.

  • Ketombe

Anda sebaiknya tidak menggunakan dry shampoo setiap hari. Penggunaan rutin bisa menyebabkan pori-pori kulit kepala tersumbat. Akiatnya adalah risiko gatal, ketombe, alergi, bahkan iritasi.

  • Berisiko terlalu kering

Formula dry shampoo akan menyerap minyak secara maksimal. Penggunaan yang sering bisa memnbuat kulit kepala Anda menjadi terlalu kering. Efek dari hal ini adalah risiko kulit kepala mengelupas alias ketombe.

Itulah berbagai efek dry shampoo yang perlu Anda pahami sebelum menggunakannya. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, ikuti terus Era.id