7 Rekomendasi Film Dokumenter Netflix Terbaik untuk Mengisi Waktu Luang

ERA.id - Netflix menawarkan banyak sekali film dengan berbagai genre, seperti aksi, drama, horor, fantasi, komedi, romansa, dan sebagainya. Salah satu genre yang menarik untuk jadi tontontan adalah dokumenter.

Film dokumenter adalah film non-fiksi yang dibuat berdasarkan kisah nyata dengan mendokumentasikan serangkaian peristiwa. Film dokumenter mengangkat berbagai tema, seperti politik, olahraga, kriminal, kuliner, dan lingkungan. Dari sekian banyak film, ada beberapa film dokumenter Netflix terbaik yang layak untuk Anda tonton saat ini.

Daftar Film Dokumenter Netflix Terbaik Terbaru

1. Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso (2023)

Kasus kopi sianida yang melibatkan Jessica Wongso dan Mirna pada 2016 sempat jadi perhatian dunia. Kasus ini lantas menarik perhatian Netflix untuk menjadikannya film dokumenter. Film tersebut kemudian rilis pada September 2023.

 Ice Cold Murder, Coffee and Jessica Wongso (situs resmi Netflix)

Kejadian yang menyebabkan Mirna Salihin meninggal dunia ini berbuah vonis penjara bagi Jessica. Namun, Jessica masih mengaku tidak bersalah atas kasus tersebut.

Persidangan panas, interogasi intens, dan pertanyaan yang menggantung akan membuat para penonton film dokumenter ikut berpikir. Apa yang membuat Jessica dinilai sebagai pembunuh Mirna? Apa saja bukti yang menguatkan dan melemahkan?

2. The Tinder Swindler (2022)

Ini adalah film dokumenter yang sempat jadi perbincangan hangat. The Tinder Swindler adalah film dokumenter yang mengisahkan seorang pria asal Israel yang menipu banyak orang melalui aplikasi kencan, Tinder.

Dalam film karya sutradara Felicity Morris ini, Simon Leviev menjadi sosok utama dalam aksi penipuan. Leviec telah menipu banyak wanita dari berbagai negara dengan catfishing. Dia menampilkan diri seorang seorang miliarder sukses. Aksi penipuan tersebut dibantu sejumlah teman agar lebih meyakinkan.

3. The Women and The Murderer (2021)

Film dokumenter ini berisi wawancara eksklusif bersama salah satu korban selamat, Helene Frinking, dan kepala penyelidik kasus, Martine Monteil. Film ini menceritakan dua wanita yang berusaha menangkap Guy Georges. Georges adalah pembunuh berantai yang telah menghabisi tujuh wanita di Paris pada 1990-an.

4. The Social Dilemma (2020)

Film The Social Dilemma mengisahkan dampak negatif media sosial. Film ini dimulai dengan wawancara para mantan insinyur dan desainer perusahaan teknologi. Di sana, penonton akan mendapatkan penjelasan soal algoritma dan desain platform yang bisa mempengaruhi berbagai perilaku pengguna sehingga bisa membuat pengguna kecanduan media sosial, polarisasi opini, dan manipulasi informasi.

5. Hope Frozen: A Quest to Live Twice (2020)

Film ini mengisahkan keluarga asal Thailand yang membekukan otak putri mereka yang sudah meninggal akibat kanker otak. Hope Frozen: A Quest to Live Twice menyampaikan pesan mendapat terkait etika, harapan, dan agama.

6. American Murder: The Family Next Door (2020)

Film dokumenter ini bertema kriminalitas. American Murder: The Family Next Door mengisahkan kasus pembunuhan Shanann Watts dan dua anaknya oleh suaminya, Chris Watts. Kejadian mengerikan ini direkonstruksi menggunakan rekaman CCTV, panggilan telepon, pesan teks, dan unggahan media sosial.

7. The Great Hack (2019)

Film ini mengisahkan skandal data Facebook-Cambridge Analytica yang berpengaruh terhadap pemilihan presiden Amerika Serikat pada 2016. Hal lain yang dibahas adalah referendum Brexit yang melibatkan Inggris. Bertema politik, The Great Hack menggarisbawahi opini publik yang mudah dimanipulasi melalui data pribadi pengguna internet.

Itulah berbagai film dokumenter Netflix terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk menemani liburan Anda. Dapatkan informasi menarik yang lain dengan terus mengikuti Era.id.