Kronologi Penangkapan Penipu Jessica Iskandar, Begini Kronologinya

ERA.id - Christoper Steffanus Budianto, tersangka dugaan penipuan artis Jessica Iskandar, akhirnya tiba di Indonesia. Kedatangannya melalui Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta diiringi pengawalan ketat aparat kepolisian. Lantas bagaimana kronologi penangkapan penipu Jessica Iskandar ini?

Kronologi Penangkapan Penipu Jessica Iskandar

Kepala Bagian Kejahatan Internasional (Kabagjatinter) Secretariat National Central Berau Divisi Hubungan Internasional Kombes Pol Audie Latuheru menjelaskan, dalam kasus Jessica Iskandar tersebut, pihaknya memberikan perhatian khusus.

Pasalnya, Christoper Steffanus Budianto adalah tersangka yang melarikan diri ke luar negeri.

"Kami berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk melakukan pelacakan terhadap Christoper, yang terdeteksi keluar dari Indonesia," jelas Kombes Pol Audie Latuheru kepada awak media, Selasa (21/11/2023) malam.

Jessica Iskandar (tengah) didampingi suami dan kuasa hukumnya (Ivan Two Putra/VOI)

Selanjutnya ia menjelaskan, setelah melakukan pelacakan, tersangka diketahui sudah kabur dari Indonesia sejak bulan Mei Tahun 2022 lalu.

Tersangka diketahui melarikan diri ke luar negeri dengan pergi ke berbagai negara.

"Tersangka diketahui bepergian ke beberapa negara, sehingga memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan koordinasi dan sebagainya," jelas dia.

Setelahnya, Divhubinter Polri mendeteksi Christoper Steffanus Budianto sedang berada di Bangkok, Thailand.

Hal tersebut didukung oleh diplomasi antara polisi Indonesia dan Thailand yang terjalin baik sehingga tersangka berhasil diringkus.

"Di Thailand kami melakukan proses police to police akhirnya berhasil menangkap mengamankan yang bersangkutan dan kita jemput dengan Krimum Polda Metro Jaya," katanya.

"Kami lebih mudah melakukan koordinasi untuk melakukan penanganan kasus-kasus, terutama setelah pertemuan di labuan Bajo beberapa bulan lalu," jelasnya.

Kabur Melalui Bali

Menurutnya, Christoper kabur dari Indonesia melalui Bali. Pelarian dirinya dilakukan dengan berpindah-pindah tempat, mulai dari Singapura dan Malaysia.

"Jadi saat kita ketahui dia di Singapura dia pindah ke Malaysia, lalu saat kita tahu di Malaysia dia ke Singapur lagi dan selanjutnya, begitu pula Singapura, Malaysia, Bangkok," jelas Kombes Pol Audie Latuheru.

Sebelumnya diberitakan, tersangka penipuan Jessica Iskandar Tiba di Bandara Soetta setelah kabur ke Thailand Selama 1,5 Tahun.

Tersangka penipuan terhadap aktris Jessica Iskandar akhirnya tiba di Indonesia pada Selasa (21/11/2023) malam.

Tersangka penipuan bernama Christoper Steffanus Budianto itu tiba di Tanah Air melalui Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Dengan memakai pakaian berwarna biru dongker, kepulangan Christoper Steffanus Budianto menerima pengawalan ketat oleh Tim Reskrim Polda Metro Jaya.

Tersangka yang sudah menipu Jessica tersebut berhasil ditangkap aparat berwajib di Bangkok, Thailand.

Penangkapan dilakukan setelah Christoper ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penipuan dan penggelapan mobil seharga Rp9,8 Miliar.

Korban penipuan Jessica Iskandar turut hadir menjemput kedatangan pelaku bersama sang suami, Vincent Verhag di Bandara Soekarno-Hatta.

Sedangkan tersangka telah membawa kabur 11 unit mobil Jessica hingga mengalami kerugian senilai Rp10 miliar.

Diketahui, Jessica Iskandar melaporkan Christoper Steffanus Budianto ke Polda Metro Jaya atas kasus dugaan penipuan dan penggelapan mobil.

Christoper dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan Pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…