Ciri-ciri Ginjal Bermasalah yang Harus Dipahami, Salah Satunya Susah Tidur

ERA.id - Salah satu organ penting untuk menopang tubuh agar tetap mampu menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik adalah organ ginjal. Oleh sebab itu, penting bagi kita memahami ciri-ciri ginjal bermasalah agar tetap mampu menjaga kesehatan tubuh.

Ketika organ ginjal bermasalah, tubuh tentu akan kehilangan kemampuannya untuk menetralisir racun dan kotoran dari darah, mengendalikan tekanan darah, hingga fungsi penyaringan cairan berlebih dari dalam tubuh.

Ketika fungsi ginjal bermasalah, ada beberapa penyakit yang berisiko mengganggu kesehatan ginjal, mulai dari infeksi ginjal, gagal ginjal akut, batu ginjal, penyakit ginjal kronis atau chronic kidney disease (CKD), dan juga kanker ginjal.

Masalah pada fungsi ginjal umumnya menyebabkan sejumlah gejala, dengan ciri-ciri sebagai berikut.

Ilustrasi ginjal (Unsplash)

Ciri-ciri Ginjal Bermasalah

Lebih cepat lelah dan kurang berenergi

Melansir dari National Kidney Foundation, ginjal yang rusak akan kehilangan fungsi untuk membuang racun dan kotoran dari dalam tubuh melalui urine, sehingga racun dan kotoran akan mengalami penumpukan di dalam darah. Hal ini akan berpengaruh terhadap aliran darah ke otak sehingga Anda akan merasa cepat lelah dan sulit melakukan konsentrasi.

Komplikasi lain dari penyakit ginjal yaitu anemia atau kekurangan sel darah merah, yang dapat menyebabkan tubuh merasa lesu dan lelah.

Mengalami masalah tidur

Ketika ginjal tidak mampu menyaring dengan baik, racun tetap berada di dalam darah dan tidak keluar melalui urine. Hal ini akan membuat Anda kesulitan dalam tidur.

Gangguan sleep apnea juga pada umumnya dialami oleh mereka yang mempunyai penyakit ginjal daripada dengan orang yang memiliki ginjal sehat.

Kulit terasa gatal

Mengutip WebMD, kondisi ini bisa terjadi jika ginjal Anda tidak mampu mengeluarkan racun dan mengalami penumpukan di dalam darah. Hal tersebut dapat menimbulkan ruam atau gatal pada seluruh tubuh.

Seiring waktu, ginjal bisa jadi tidak mampu menyeimbangkan mineral dan nutrisi dalam tubuh. Hal ini berisiko menimbulkan penyakit mineral dan tulang, yang mampu membuat kulit terasa kering dan gatal.

Urine berbusa

Ciri-ciri ginjal mulai bermasalah selanjutnya yaitu urine berbusa. Ginjal yang sehat akan berfungsi membuang racun dan kotoran yang tak diperlukan tubuh sekaligus menyimpan nutrisi yang baik bagi tubuh, misalnya protein.

Ketika ginjal rusak dan mengalami kesulitan dalam menyaring darah, ginjal akan ikut melepas protein dari dalam darah untuk dirilis bersama racun dan kotoran melalui urine.

Hal ini mengakibatkan urine akan mengandung busa yang mirip seperti telur yang sudah dikocok. Hal ini disebabkan protein yang ditemukan pada urine umumnya merupakan protein albumin, protein yang sejenis dengan yang terkandung dalam telur.

Nafsu makan menurun

Walaupun penurunan nafsu makan tidak menjadi gejala khusus dalam penyakit ginjal, akan tetapi penumpukan racun karena terganggunya fungsi ginjal juga bisa menjadi penyebab dari nafsu makan yang buruk.

Nafsu makan karena penyakit ginjal umumnya terjadi dalam jangka waktu lama tanpa ada sebab yang pasti.

Bengkak pada wajah dan kaki

Ketika ginjal tidak mampu membuang natrium dengan baik, cairan menumpuk di dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan tangan, kaki, pergelangan kaki, tungkai, atau wajah menjadi bengkak.

Anda mungkin mengalami pembengkakan terutama di kaki dan pergelangan kaki. Selain itu, protein yang keluar melalui urine dapat terlihat seperti bengkak di sekitar mata.

Darah dalam urine

Ketika menyaring racun dan kotoran dalam tubuh dan dibuang melalui urine, ginjal yang sehat juga akan berfungsi untuk menjaga sel-sel darah. Namun, saat ginjal rusak, sel-sel darah akan masuk ke dalam urine sehingga urine berwarna merah muda atau kemerahan.

Jika terdapat darah pada urine, segeralah ke dokter, sebab selain menjadi pertanda penyakit ginjal, hal ini juga dapat menunjukkan penyakit lain misalnya infeksi atau tumor pada saluran kemih.

Sesak napas

Ketika menderita penyakit ginjal, organ tubuh tidak menghasilkan cukup hormon yang disebut eritropoietin. Hormon ini akan mengantarkan sinyal pada tubuh Anda untuk memproduksi sel darah merah.

Tanpa adanya eritropoietin, seseorang dapat terkena anemia dan sesak napas. Penyebab lainnya yaitu penumpukan cairan. Anda bisa jadi kesulitan dalam mengatur napas. Dalam kasus yang serius, posisi berbaring mungkin akan membuat Anda merasa seperti tenggelam.

Kram otot

Ketika fungsi ginjal terganggu, ketidakseimbangan elektrolit dan mineral juga dapat terganggu. Sehingga, pada akhirnya kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh akan menjadi tidak terkontrol dan dapat menimbulkan kram otot.

Demikianlah ciri-ciri ginjal bermasalah yang harus Anda waspadai dan tidak boleh disepelekan. Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter jika sering mengalami ciri-ciri di atas.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…