Mengenal PEM Akamigas dan Pilihan Prodinya: Sekolah Kedinasan Bidang Migas

ERA.id - Sekolah kedinasan banyak dipilih untuk melanjutkan pendidikan karena dinilai lulusannya siap langsung kerja. Salah satu sekolah kedinasan yang banyak diminati adalah Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas. Namun belum banyak lulusan baru atau orang tua yang mengenal PEM Akamigas dan bidang studi yang diajarkan. 

PEM Akamigas cukup diminati karena menghasilkan tenaga profesional bersertifikasi yang siap bekerja di perusahaan minyak dan gas (Migas). Sekolah kedinasan ini berada di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Setiap masa tahun ajaran baru, PEM Akamigas mendapat animo pendaftar yang cukup tinggi. 

Banyak pelajar maupun orang tua menyekolahkan anaknya di PEM Akamigas agar bisa bekerja di perusahaan Migas dan mendapat gaji tinggi. Bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan dengan prospek kerja terjamin, sebaiknya mengenal PEM Akamigas dan program studi apa saja yang dibuka. 

Apa Itu PEM Akamigas?

PEM Akamigas merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah Kementerian ESDM. Sekolah kedinasan di sektor energi dan mineral ini berlokasi di Cepu, Kota Blora, Jawa Tengah. Kampus ini menyediakan pendidikan untuk jenjang Sarjana Terapan/D4 yang menghasilkan lulusan tenaga profesional bersertifikasi di bidang migas. 

PEM Akamigas didirikan pertama kali pada tahun 1966 dengan nama Akademi Minyak dan Gas Bumi (AMBG) berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor: 91/DD/Migas/1966. AMBG kemudian mengalami perubahan nama menjadi Sekolah Tinggi Mineral dan Energi (STME). 

Nama STME kemudian diubah lagi menjadi Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM). Kemudian pada tahun 2017, STEM Akamigas berubah menjadi Politeknik Energi dan Mineral (PEM Akamigas). 

Mengenal PEM Akamigas (PEM Akamigas)

Pilihan Program Studi di PEM Akamigas

PEM Akamigas menawarkan sejumlah pilihan program studi (Prodi) bagi para pelajar yang ingin mendaftar di sekolah kedinasan ini. Berikut ini daftar prodi di PEM Akamigas yang bisa dijadikan tujuan melanjutkan pendidikan. 

Prodi Teknik Produksi Minyak dan Gas

Salah satu program studi di PEM Migas yang banyak diminati adalah Prodi Teknik Produksi Minyak dan Gas. Prodi ini merupakan program sarjana terapan yang menyelenggarakan pendidikan vokasi untuk menghasilkan lulusan yang siap bekerja di bidang produksi minyak dan gas pada sub-sektor hulu minyak dan gas.

Lulusan dari prodi ini memiliki bekal kemampuan menganalisis, merancang, mengevaluasi, melaksanakan, dan melakukan pengawasan operasi produksi dan perawatan sumur di lapangan migas.

Ada banyak peluang karier yang bisa diambil oleh lulusan Prodi Teknik Produksi Minyak dan Gas. Berikut ini sejumlah prospek karier yang bisa Anda jadikan tujuan ke depannya:

  • Pengawas Operasi Produksi Migas
  • Operator Kepala Operasi Produksi Migas
  • Pengawas Utama Operasi Produksi Migas
  • Pengawas Utama Perawatan Sumur
  • Ahli Pengendali Perawatan Sumur

Prodi Teknik Instrumentasi Kilang

Prodi Teknik Instrumentasi Kilang mempelajari mengenai instrumentasi dan kelistrikan dalam penguasaan teknologi instrumentasi lapangan. Ilmu dan keterampilan yang akan dipelajari pada prodi ini meliputi instalasi, operasi, dan maintenance pada industri sektor energi dan mineral.

Prodi ini memiliki tujuan membentuk lulusan yang mampu menangani bidang teknik instrumen dan elektronika pada sektor energi dan mineral. Mahasiswa-mahasiswi yang berhasil lulus akan menjadi terampil, ahli, profesional, dan berintegritas tinggi untuk mampu bersaing secara global.

Berikut ini sejumlah peluang karier atau prospek kerja bagi lulusan Prodi Teknik Instrumentasi Kilang:

  • Instrument Technician
  • Instrument Supervisor
  • Electrical Supervisor
  • Electrical Technician

Prodi Teknik Pengolahan Migas

Prodi Teknik Pengolahan Migas memberikan ilmu mengenai proses pengolahan migas pada sektor hilir, pengembangan bioenergi, dan petrokimia. Prodi ini menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam menganalisis, mengoperasikan, mengevaluasi, merancang, dan melakukan pengawasan kegiatan pengolahan di kilang migas dan petrokimia. 

Mahasiswa-mahasiswi yang lulus dari prodi ini akan menjadi profesional yang bekerja di kilang migas dan petrokimia secara efisien dan aman berdasarkan kaidah-kaidah teknis, keselamatan kerja, dan lingkungan. Berikut ini sejumlah prospek kerja untuk lulusan dari prodi ini:

  • Production Supervisor
  • Process Engineer

Prodi Teknik Mesin Kilang

Prodi Teknik Mesin Kilang berkaitan dengan bidang operasi, pemeliharaan, evaluasi, dan optimalisasi unjuk kerja, inspeksi/quality control, perancangan, dan konstruksi peralatan mekanik yang ada di kilang migas, petrokimia, lapangan migas, dan pembangkitan.

Prodi Teknik Mesin Kilang memiliki prospek kerja yang menggiurkan bagi lulusannya. Berikut ini beberapa peluang karier bagi mahasiswa-mahasiswi yang menempuh studi di jurusan ini:

  • Supervisor Pemeliharaan/Perencana Pemeliharaan Peralatan Mekanik
  • Supervisor Operator Peralatan Mekanik
  • Supervisor Perancangan/Perancang dan konstruksi Peralatan Mekanik
  • Prodi Logistik Minyak dan Gas
  • Supervisor Inspeksi/Quality Control Peralatan Mekanik

Prodi Logistik Minyak dan Gas

Prodi ini menghasilkan lulusan yang terampil dan ahli dalam mengoperasikan, mengoptimalkan, merancang, dan menginstalasi sistem pengadaan, pergudangan, distribusi, dan transportasi industri hulu, hilir, dan penunjang migas dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja.

Prodi Logistik Minyak dan Gas berkaitan dengan pengelolaan logistik dan rantai pasok baik untuk produk maupun material dalam industri sektor ESDM. Berikut ini beberapa peluang karier menjanjikan bagi lulusan prodi ini:

  • Warehouse Sr.Spv
  • Procurement Sr.Spv
  • Transportation
  • Distribution Sr.Spv

Demikianlah ulasan mengenal PEM Akamigas sebagai salah satu sekolah kedinasan di Indonesia yang banyak diminati oleh pelajar. Terdapat beberapa program studi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa sesuai dengan minat dan rencana kariernya. Baca juga syarat nilai rapor dan ijazah masuk Sekolah Kedinasan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…