Sekolah Kedinasan yang Menerima Lulusan SMK, Ini Daftarnya

ERA.id - Pendaftaran sekolah kedinasan telah dibuka mulai 15 Mei 2024 hingga 13 Juni 2024. Selain lulusan SMA/MA, sejumlah sekolah kedinasan juga menerima lulusan SMK.

Keuntungan kuliah di sekolah kedinasan antara lain mendapatkan pendidikan gratis, mendapatkan asrama gratis hingga lulus menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Adapun daftar sekolah kedinasan yang menerima lulusan SMK akan dibahas di bawah ini.

Sekolah Kedinasan yang Menerima Lulusan SMK

Politeknik Keuangan Negara (STAN)

Politeknik Keuangan Negara (STAN) merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan. STAN membuka membuka pendaftaran untuk semua jurusan, tidak hanya untuk jurusan IPS saja. STAN menerima pendaftar dari lulusan SMK sehingga lulusan SMK yang ingin kuliah gratis dan punya kesempatan jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bisa memanfaatkan pendaftaran PKN STAN 2024 ini.

Sekolah kedinasan PKN STAN membuka prodi D4 Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Keuangan Negara, dan Manajemen Aset Publik. Sebagai Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Keuangan, PKN STAN terus berkomitmen untuk memberikan akses pendidikan yang adil dan pengajaran yang berkualitas di bidang keuangan negara tanpa dipungut biaya.

Politeknik Statistika (STIS)

Politeknik Statistika STIS adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Badan Pusat Statistik. Pembinaan secara fungsional Politeknik Statistika STIS dilaksanakan oleh Kepala Badan Pusat Statistik, namun secara pembinaan secara teknis akademik dilaksanakan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi dalam hal ini adalah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

STIS adalah pilihan yang tepat bagi yang gemar belajar angka-angka, data atau statistika. Berdasarkan Surat Persetujuan Prinsip dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/1978/M.SM.01.00/2024, Politeknik Statistika STIS - Badan Pusat Statistik akan menerima 355 orang mahasiswa baru ikatan dinas program vokasi tahun akademik 2024/2025. Baik lulusan SMA/MA/SMK/MAK diperbolehkan mendaftar STIS. Akan tetapi, ada kriteria khusus bagi pendaftar lulusan SMK/MAK yakni sebelumnya belajar di jurusan yang berhubungan dengan teknologi informasi. Selain itu, pendaftar juga harus memenuhi syarat seperti tinggi badan minimal, nilai rapor minimal, dan lainnya.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN adalah salah satu sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). STIN menerima pendaftar lulusan SMK. Dalam poin-poin persyaratan disebutkan bahwa peserta bisa berasal dari SMA/SMK/MA. Baik lulusan SMA/SMK/MA diharuskan memenuhi syarat rata-rata nilai rapor semester 1-5 minimal 75 (untuk lulusan 2024) dan nilai rata-rata ijazah minimal 80 (untuk lulusan 2022 dan 2023).

Ilustrasi siswa STIN (Foto: stin.ac.id)

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

STMKG merupakan sekolah kedinasan yang berada dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). STMKG tidak hanya menerima lulusan dari SMA/MA jurusan IPS saja, namun juga lulusan SMK dari semua jurusan dengan pemenuhan persyaratan lain, misalnya telah lulus dan memiliki ijazah, belum menikah, tidak sedang menjalani ikatan dinas, dan lainnya.

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Sekolah kedinasan lainnya yang bisa dicoba oleh lulusan SMK adalah Poltek SSN. Sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) ini menerima lulusan SMA/MA/SMK. Namun, tak semua lulusan SMK bisa mendaftar. Hanya beberapa jurusan tertentu yang bisa mendaftar, yakni lulusan:

  • Teknik Audio Video
  • Teknik Elektronika Industri
  • Teknik Robotik
  • Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Teknik Komputer dan Jaringan
  • Sistem Informasi, Jaringan dan Aplikasi

Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Politeknik Imigrasi (Poltekim) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang menyelenggarakan pendidikan profesional kedinasan, terutama diarahkan pada penerapan keahlian, dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian. Poltekim sebelumnya dikenal dengan nama Akademi Imigrasi (AIM). Sekolah kedinasan Poltekim terbuka bagi calon taruna lulusan SMA/MA/SMK/sederajat. Poltekim bisa jadi pilihan yang tepat bagi yang ingin berkarier dalam bidang imigrasi. Taruna Poltekim merupakan kandidat terpilih yang setelah lulus bisa langsung menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang bergerak di bidang pemasyarakatan yang bertujuan untuk menciptakan kader-kader pemasyarakatan yang berpendidikan akademis. Pendaftaran Polketip diperbolehkan bagi lulusan SMA atau SMK. Prospek dari lulusan Poltekip cukup menjanjikan yakni bisa bekerja di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, lembaga pemasyarakatan, dan sebagainya.

Sekolah Kedinasan Kemenhub

Bagi yang ingin berkarier di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kuliah di sekolah kedinasan di bawah naungan kementerian ini bisa menjadi pilihan. Terdapat sebanyak 22 sekolah kedinasan yang bisa dipilih baik oleh lulusan SMA/SMK/MA/MAK. Adapun daftar 22 sekolah kedinasan Kemenhub bisa dilihat di laman https://sipencatar.dephub.go.id/

Demikian daftar sekolah kedinasan yang menerima lulusan SMK. Setiap  sekolah kedinasan memberikan persyaratan bagi calon siswa sesuai dengan wewenang dan regulasi masing-masing.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…