Suhu Terdingin di Indonesia, Bisa Kita Rasakan di Kota-kota Ini

ERA.id - Walaupun terkenal sebagai kawasan beriklim tropis, ada kota-kota yang memiliki iklim dan suhu terdingin di Indonesia. Kota-kota tersebut memiliki iklim yang relatif dingin sebab terletak di ketinggian dan tertutup vegetasi.

Bagi Anda yang tidak tahan dengan cuaca panas, lima kota di bawah ini sangat cocok untuk dikunjungi atau menjadi tempat terakhir yang Anda tinggali.

Suhu Terdingin Di Indonesia

Di bawah ini merupakan daftar kota yang memiliki suhu udara paling dingin yang ada di Indonesia:

Kota Mulia

Urutan pertama adalah Kota Mulia di Provinsi Papua. Secara geografis, kota ini berlokasi di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan luas daratan mencapai 883 km².

Kota yang terletak di Kabupaten Puncak Jaya ini menjadi satu-satunya daerah berpenghuni yang dikelilingi pegunungan Jayawijaya atau Puncak Jaya.

Jayawijaya sendiri disebut sebagai puncak tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl.

Curah hujan di Kota Mulia tergolong tinggi, di mana terjadi sepanjang tahun.

Dengan ketinggian dan curah hujan tersebut, rata-rata suhu udara di Kota Mulia berkisar 15 derajat celsius pada siang hari dan bisa mencapai 9 derajat celsius di malam harinya.

Selain dikenal mempunyai suhu udara yang sangat dingin, keunikan lain kota Mulia yaitu tidak ada rumah warga yang berbahan semen kecuali kantor desa, puskesmas, sekolah, dan gedung perkantoran.

Masyarakat Kota Mulia masih memilih rumah adat Papua bernama Hanoi. Rumah tersebut didirikan tanpa jendela dan berfungsi untuk menghalau udara dingin agar tidak mudah masuk, terutama di malam hari.

Kota Waghete

Pada urutan kedua, ada Kota Waghete yang juga berlokasi di tanah Cenderawasih. Kota ini terletak di Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua.

Suhu udara siang hari di Waghete mencapai 15 derajat celsius, adapun pada malam hari bisa mencapai 10 derajat celsius.

Waghete termasuk kota yang terletak di pinggiran Danau Tigi dengan ketinggian daratan mencapai 1700 mdpl.

Kota Mamasa

Berikutnya, kota terdingin di Indonesia yaitu Kota Mamasa yang terletak di Provinsi Sulawesi Barat, berjarak 340 km dari Kota Makassar.

Kota penghasil tenun ini ada di ketinggian 1.900 mdpl dengan suhu udara pada siang hari berada di 15 derajat celsius, sementara pada malam hari mencapai 12 derajat celsius.

Dengan cuaca yang cukup dingin tersebut, membuat kota Mamasa populer sebagai wilayah pengembangan kopi rakyat.

Pada tahun 1980-an, Mamasa menjadikan kopi sebagai komoditas unggulan daerah kedua setelah kakao untuk Sulawesi Barat.

Ilustrasi (Foto: instagram-infobmkg_gorontalo)

Kota Berastagi

Kota yang diapit oleh Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung ini termasuk daftar kota yang mempunyai suhu terdingin di Indonesia dengan suhu berkisar 16-17 derajat celsius.

Kota Berastagi merupakan salah satu kota yang berlokasi di Kabupaten Karo dan menjadi kota terbesar kedua di dataran tinggi Karo setelah Kota Kabanjahe.

Kota ini juga disebut dengan julukan Kota Markisa dan Jeruk Manis karena masyarakat Berastagi banyak yang menanam markisa dan jeruk manis.

Kota Ruteng

Selanjutnya, ada Kota Ruteng yang mempunyai suhu terdingin keempat di Indonesia.

Kota ini berada di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan ketinggian mencapai 1200 mdpl.

Kota yang terletak di kaki Gunung Ranaka ini dijuluki Kota Seribu Biara, karena banyak bangunan biara satu dengan yang lainnya dan hanya berjarak 50 sampai 100 meter.

Wilayah yang mempunyai luas wilayah 7.136,4 km² berdiri lebih dari 52 komunitas biarawan/biarawati dari berbagai macam kongregasi religius berbagai negara di belahan dunia.

Selain itu Kota Ruteng juga populer dengan pemandangan indah terutama Gua Liang Bua. Gua tersebut ditetapkan sebagai salah satu tempat penelitian arkeologi karena masih banyak ditemukan sisa-sisa tulang manusia purba Homo Floresiensis.

Demikianlah ulasan tentang kota dengan suhu terdingin di Indonesia. Tertarik untuk mengunjunginya?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari SERA OA OE dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…