Wisatawan Perlu Perhatikan Waktu Terbaik ke Singapura untuk Berlibur

ERA.id - Singapura merupakan negara dengan gemerlap dan perpaduan budaya yang selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan. Bagi Anda yang merencanakan sebuah liburan, lantas kapan waktu terbaik ke Singapura?

Pertanyaan terkait momen kunjungan terbaik ke Singapura sering kali muncul bagi para calon pengunjung. Artikel ini akan membahasnya secara rinci, berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui:

Kapan waktu terbaik ke Singapura?

Meskipun Singapura memiliki iklim hangat dan tropis sepanjang tahun, namun dilansir dari Celebrity Cruises, waktu terbaik untuk mengunjungi Singapura adalah antara bulan Oktober dan April.

Selama periode Oktober hingga April, Anda akan terhindar hindari asap dan kabut dari pembakaran hutan di Indonesia yang memiliki jarak cukup dekat. Selain itu, pada bulan tersebut akan melewati angin terkuat yaitu musim monsun barat daya.

Selain itu, berada tepat di utara khatulistiwa, Singapura tidak memiliki suhu yang sangat bervariasi dan musim yang jelas seperti musim dingin dan musim panas. Sebaliknya, cuaca di negara ini dikategorikan oleh periode monsun yang berbeda, dengan hujan ringan dan curah hujan yang cukup konsisten sepanjang tahun.

Singapura tidak memiliki suhu yang sangat bervariasi dan musim yang jelas (freepik)

Selain itu, Anda juga dapat berkunjung ke Singapore berdasarkan musim tertentu, berikut acuannya:

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Tips Backpacker ke Singapore

  1. Musim Panas

Lokasi Singapura yang berada di tepi belahan bumi utara menjadikannya musim panas terjadi antara bulan Juni dan September, meskipun musim ini lebih tepat dicirikan oleh musim monsun barat daya.

Selama periode ini, Singapura bisa mengalami angin kencang hingga 50 mph, badai petir cepat berlalu, dan suhu tinggi rata-rata yang hangat mencapai 89°F (32°C).

Meskipun pada musim ini menjadi beberapa bulan terkering di Singapura, namun potensi angin kencang, kabut, dan asap dari Indonesia menjadi bukan waktu terbaik untuk mengunjungi Singapura. Hal tersebut lantaran polusi dan visibilitas rendah sering kali berdampak negatif pada kunjungan.

  1. Musim Gugur

Musim gugur di Singapura didefinisikan dengan periode antar monsun, selama bulan Oktober dan November, ketika suhu berkisar antara 77°F dan 89°F (25°C hingga 32°C).

Meskipun pada musim ini membawa beberapa badai petir dan hujan, namun biasanya berupa hujan singkat yang tajam dapat mudah dihindari dengan masuk ke museum atau mal perbelanjaan.

  1. Musim Dingin

Musim dingin, terutama menjelang Natal dan Tahun Baru adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Singapura dan menikmati kota yang penuh kehidupan dan perayaan ini. Musim ini berada pada suhu "terdingin", dengan suhu rata-rata sekitar 77°F (25°C) dan mencapai puncaknya pada 86°F (30°C).

Kemudian di antara bulan Desember dan Januari, Singapura akan mengalami kelembaban tertinggi (hujan dan angin lebih mungkin terjadi) tetapi biasanya cepat berlalu.

Menjelang akhir Januari, hujan kemudian menjadi jauh lebih jarang, dengan Februari menjadi bulan terkering dalam setahun. Untuk itu, Maret adalah waktu yang sangat menyenangkan untuk mengunjungi Singapura, karena musim Sakura (bunga cherry) menghiasi taman kota.

  1. Musim Semi

Dari bulan Maret hingga akhir Mei, Anda akan merasakan beberapa bulan terkering dan terhangat di Singapura. Memiliki suhu tinggi yang konsisten mencapai 89°F (32°C), menjadikannya waktu terbaik untuk mengunjungi Singapura.

Namun selama periode antar monsun ini, badai masih terjadi. Meskipun demikian hujan masih mudah dihindari dengan merencanakan kunjungan ke tempat tertutup.

Selain kapan waktu terbaik ke singapura, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…