Manfaat Angkat Kaki ke Dinding, Cukup Beberapa Menit untuk Hasil yang Luar Biasa

ERA.id - Mengangkat kaki ke dinding atau yang dikenal dengan istilah "legs up the wall" bukan hanya sekadar pose yoga, tetapi juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Lantas apa saja manfaat mengangkat kaki ke dinding?

Praktik sederhana ini telah menjadi tren di dunia kebugaran dan kesehatan, sehingga menarik perhatian banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan mengangkat kaki ke dinding.

Manfaat Mengangkat Kaki ke Dinding

  1. Meningkatkan Peredaran Darah

Salah satu penyebab umum pembengkakan kaki adalah kekurangan vena ketika pembuluh darah di kaki tidak efektif mengalirkan darah dari kaki kembali ke jantung.

Perlu diketahui, peredaran darah yang lemah terkait dengan penumpukan darah dan retensi darah di kaki, yang dapat meningkatkan risiko pembekuan darah dan menyebabkan pembengkakan dan ketidaknyamanan.

Meskipun Anda tidak memiliki kekurangan vena kronis, berdiri atau duduk sepanjang hari dapat membatasi kemampuan tubuh Anda untuk mengalirkan darah kembali ke tubuh Anda dan mengangkat kaki ke dinding dapat membantu.

"Manfaat utama dari viparita karani adalah mengembalikan sirkulasi cairan tubuh yang tersimpan di kaki Anda," ungkap Robert Saper, MD, MPH, Ketua Bidang Kesehatan dan Pengobatan Pencegahan, dilansir dari Cleveland Clinic.

"Dengan membalikkan dan mempertahankan pose tersebut, itu memungkinkan kembali aliran darah dan mengurangi pembengkakan di kaki bagian bawah." imbuhnya.

  1. Mengurangi Stres

Penelitian menunjukkan yoga pada umumnya dapat memberikan dampak positif pada sistem respons stres tubuh Anda. Pose yoga restoratif seperti mengangkat kaki ke dinding dimaksudkan untuk membimbing tubuh Anda ke dalam keadaan relaksasi.

"Banyak pasien menggambarkan secara anekdotal bahwa mereka merasa memegang pose ini sangat menenangkan," kata Dr. Saper.

Dr Saper menambahkan jika mengurangi stres terkait dengan kesehatan fisik dan mental yang lebih baik, dan bahkan sistem kekebalan yang lebih kuat.

Mengangkat kaki ke dinding dapat Mengurangi Stres (Unsplash)
  1. Hoaks Menyembuhkan Sakit Kepala

Jika mengangkat kaki ke dinding membantu Anda bersantai, maka terapi sederhana ini mungkin benar-benar membantu Anda merasa lebih baik secara keseluruhan.

Meskipun demikian tetaplah berhati-hatilah terhadap klaim bahwa latihan ini semacam obat mujarab, hal tersebut yang menjadi peringatan Dr. Saper.

"Beberapa orang mengklaim bahwa itu mengurangi kondisi lain seperti sakit kepala dan tekanan darah tinggi, tetapi tidak ada bukti tersebut." jelasnya.

Cara Mengangkat Kaki ke Dinding yang Benar

  1. Siapkan perlengkapan

Letakkan selimut atau matras yoga di lantai, di samping dinding, dan gunakan bantal tipis untuk kepala jika diperlukan.

  1. Posisi tubuh

Berbaringlah di atas selimut atau matras dengan pantat Anda didorong ke atas menuju dinding. Tulang ekor Anda harus tetap di lantai, dengan pantat Anda beberapa inci dari dinding.

"Punggung dan kepala Anda hanya sejajar dengan lantai tegak lurus dengan dinding, rileks," jelas Dr. Saper.

  1. Rasakan regangan

Bagian belakang kaki Anda harus bersandar di dinding, dengan lutut Anda rileks dan kaki sejajar dengan lantai di bawah. Anda seharusnya merasakan regangan ringan di kaki Anda dan tidak menyakitkan.

  1. Santai dan bernapas

Santailah dan bernapaslah dengan dalam saat Anda melakukan pose. "Saya merekomendasikan untuk menahannya dalam waktu yang sama dengan pose yoga lainnya — hingga dua hingga tiga menit," kata Dr. Saper. Namun, Anda dapat melakukannya lebih lama jika Anda mau.

  1. Keluar dari pose dengan perlahan

Ketika Anda selesai, pindah dengan hati-hati ke posisi duduk dan duduk diam setidaknya 30 detik. "Anda tidak seharusnya keluar dari pose inversi secara cepat," ingat Dr. Saper.

Selain manfaat mengangkat kaki ke dinding, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…