NasDem Ngaku Sudah ada Komunikasi dengan PDIP Bahas Hak Angket, Tinggal Pematangan

ERA.id - Fraksi NasDem mengaku sudah berkomunikasi secara informal dengan Fraksi PDI Perjuangan untuk membahas hak angket. Adapun hak angket rencananya akan digulirkan di DPR RI untuk menyelidiki dugaan kecurangan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Secara informal sudah ada pembicaraan (dengan fraksi PDI Perjuangan), tetapi kita lagi memastikan pematangan dari proses komunikasi ini," kata Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI Taufik Basari kepada wartawan, Kamis (7/3/2024).

Fraksi NasDem, kata Taufik, masih menunggu langkah konkrit dari PDIP. Sebagai inisiator hak angket dan juga Fraksi terbesar di Senayan hari ini, Taufik menilai PDIP sebagai salah satu kunci.

"Karena mereka yang mengawali usulan hak angket ini dan juga sebagai fraksi terbesar dan kita menghormati, ya kita menunggu juga kesiapan PDI Perjuangan," ujarnya.

Meski begitu, Fraksi Partai NasDem siap menggunakan hak angket dugaan kecurangan Pemilu walaupun tanpa dukungan PDIP. Sebab, saat ini, Partai NasDem sedang mempersiapkan persyaratan pengajuan hak angket.

Terkait kapan akan diajukan kepada pimpinan DPR, Taufik tak mengungkap kepastian namun ia menyebut sesegera mungkin. Ia menggarisbawahi, langkah yang diambil harus terukur.

“Artinya, substansinya harus kuat termasuk juga alasan-alasannya misalnya pelanggaran UU mana yang terjadi, kebijakan apa yang mau kita selidiki, atau penyalahgunaan anggaran mana yang selama ini terjadi, itu yang harus kita pastikan termuat dalam pengajuan hak angket kita,” pungkasnya.